Ramadhan Kareem

Tata Cara Ziarah Kubur ke Makam Orang Tua Menjelang Idul Fitri 2022

Biasanya, ziarah itu dilakukan pada saat hari Jumat atau ketika hari-hari khusus dalam Islam seperti jelang Idul Fitri, Idul Adha maupun bulan Ramadan

Editor: Jimmi Abraham
TRIBUNPONTIANAK.CO.ID/Destriadi Yunas Jumasani
Ilustrasi ziarah kubur. 

TRIBUNPONTIANAK.CO.ID - Berziarah ke makam orang tua merupakan satu diantara tradisi masyarakat muslim di dunia. Tak terkecuali muslim di Indonesia.

Biasanya, ziarah itu dilakukan pada saat hari Jumat atau ketika hari-hari khusus dalam Islam seperti jelang Idul Fitri, Idul Adha maupun bulan Ramadan.

Doa ziarah ke makam orang tua sebagai bentuk kangen, sekaligus bakti kepada orang tua yang sudah terlebih dahulu meninggalkan kita.

(Update berita seputar Idul Fitri 2022 disini)

Rasulullah SAW bersabda: Siapa saja yang menziarahi makan kedua orang tuanya atau makam salah satu dari keduanya, niscaya ia mendapat pahala haji.

Anda bisa memanjatkan doa ziarah sebagai bentuk ikhtiar agar Allah SWT memberikan ampunan, serta tempat terbaik di sisi-Nya untuk kedua orang tua kita. 

Tata Cara Bayar Fidyah dengan Beras, Jumlah Fidyah yang Harus Dibayar & Penerima Fidyah Siapa Saja

Doa Ziarah ke Makam Orang Tua

Doa Ziarah Kubur ke makam orang tua (Sumber: kompas.tv/dedik priyanto)

Latin: Allahummaghfìrlahu war hamhu wa ‘aafìhìì wa’fu anhu, wa akrìm nuzulahu wawassì’ madkholahu, waghsìlhu bìl maa’ì watssaljì walbaradì, wa naqqìhì, mìnaddzzunuubì wal khathaya kamaa yunaqqatssaubul abyadhu mìnad danasì.

Wa abdìlhu daaran khaìran mìn daarìhì wa zaujan khaìran mìn zaujìhì. Wa adkhìlhul jannata wa aìdzhu mìn adzabìl qabrì wa mìn adzabìnnaarì wafsah lahu fì qabrìhì wa nawwìr lahu fìhì.

 Doa Sebelum Membaca Surat Yasin Malam Jumat ! Lengkap dengan Surat Yasin Ayat 1 Sampai 83

Artinya: “Ya Allah, berilah ampunan dan rahmat kepadanya. Berikanlah keselamatan dan berikanlah maaf kepadanya. Berikanlah kehormatan untuknya, luaskanlah tempat masuknya. Mandikanlah dia dengan air, es, dan embun. Bersihkanlah dia dari kesalahan sebagaimana Engkau bersihkan baju yang putih dari kotoran.

Gantikanlah untuknya rumah yang lebih baik dari rumahnya, istri yang lebih baik dari istrinya. Masukkanlah dia ke dalam surga, berikanlah perlindungan kepadanya dari azab kubur dan azab neraka. Lapangkanlah baginya dalam kuburnya dan terangilah dia di dalamnya.” (HR. Muslim).

Artikel ini telah tayang di Kompas.tv dengan judul Bacaan Doa Ziarah ke Makam Orang Tua

(*)

Sumber: Kompas.com
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    Tribun JualBeli
    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved