Dekat Lebaran! Buruh Baru Gelar Aksi May Day pada Selasa 12 Mei 2022

Berdekatan dengan perayaan hari Raya Idul Fitri 2022, para buruh resmi menggeser aksi May Day ke tanggal 12 Mei 2022 mendatang.

Penulis: Rizky Zulham | Editor: Rizky Zulham
NET/Google
Ilustrasi - Dekat Lebaran! Buruh Baru Gelar Aksi May Day pada Selasa 12 Mei 2022. 

TRIBUNPONTIANAK.CO.ID - Berdekatan dengan perayaan hari Raya Idul Fitri 2022, para buruh resmi menggeser aksi May Day ke tanggal 12 Mei 2022 mendatang.

Sejumlah elemen buruh bakal tetap menggelar aksi May Day dalam rangka memperingati Hari Buruh Internasional setiap tanggal 1 Mei.

Hanya saja, peringatan May Day yang biasanya diselenggarakan berbagai elemen buruh pada 1 Mei, tahun ini digeser ke 12 Mei 2022.

Pergeseran waktu peringatan May Day 2022 ini salah satunya dilakukan oleh Konfederasi Serikat Pekerja Seluruh Indonesia (KSPSI).

Sejarah May Day, Pengertian dan Ucapan May Day, Layakkan Buruh Hidup Sejahtera!

Presiden KSPSI Andi Gani Nena Wea mengatakan, hal ini dilakukan lantaran kemungkinan malam takbiran jatuh pada 1 Mei bertepatan dengan perayaan

"May Day tahun ini akan digeser, karena kemungkinan bertepatan dengan malam takbiran. Jadi, kami minta seluruh anggota KSPSI merayakannya dengan doa bersama di tempat masing-masing," katanya sebagaimana dikutip pada Jumat 29 April 2022.

Andi Gani memastikan perayaan May Day tetap akan dilakukan Kamis (12/5). Rencanannya akan ada aksi massa 4.000-5.000 buruh yang dipusatkan di Patung Kuda dengan menerapkan protokol kesehatan yang ketat.

Bukan hanya di Patung Kuda Jakarta saja, kata Andi Gani, buruh di seluruh wilayah Indonesia juga akan menggelar aksi serupa.

"Setiap buruh yang akan merayakan May Day di 12 Mei nanti diwajibkan antigen dan menerapkan protokol kesehatan ketat," ujarnya.

Andi Gani yang juga Pimpinan Buruh ASEAN (ATUC) ini akan membawa tiga tuntutan utama dalam aksi May Day nanti.

Halaman
12
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved