Ramadhan Kareem

Hilal Tampak, Hari Raya Idul Fitri 1 Syawal 1443 H Berpeluang Sama di Hari Senin 2 Mei 2022

Oleh karena itu, dirinya menyebut kemungkinan hari raya Idul Fitri pemerintah dan Muhammadiyah akan jatuh pada tanggal yang sama, yakni pada Senin, 2

Editor: Nasaruddin
Grafis Tribunnews.com/Ananda Bayu S
Ilustrasi Idul Fitri 1443 H/2022. 

TRIBUNPONTIANAK.CO.ID - Kementerian Agama akan menggelar sidang isbat penentuan 1 Syawal 1443 H pada hari Minggu 1 Mei 2022.

Direktur Jenderal Bimas Islam Kemenag Kamaruddin Amin mengatakan, secara hisab posisi hilal di Indonesia saat sidang isbat 1 Syawal 1443 H sudah bisa terlihat, sesuai kriteria baru yang ditetapkan MABIMS.

Oleh karena itu, dirinya menyebut kemungkinan hari raya Idul Fitri pemerintah dan Muhammadiyah akan jatuh pada tanggal yang sama, yakni pada Senin, 2 Mei 2022.

Ucapan Selamat Hari Raya Idul Fitri yang Benar Sesuai Sunnah Menurut Ustadz Adi Hidayat

"Ada kemungkinan (jatuh di tanggal yang sama), tetapi tetap menunggu hasil sidang isbat," ujar Kamaruddin, Senin 25 April 2022.

“Di Indonesia, pada 29 Ramadan 1443 H yang bertepatan dengan 1 Mei 2022 tinggi hilal antara 4 derajat 0,59 menit sampai 5 derajat 33,57 menit dengan sudut elongasi antara 4,89 derajat sampai 6,4 derajat,” jelasnya di laman Kemenag.

"Artinya, secara hisab, pada hari tersebut posisi hilal awal Syawal di Indonesia telah masuk dalam kriteria baru MABIMS," imbuh Kamaruddin.

Menurut kriteria baru MABIMS, imkanur rukyat dianggap memenuhi syarat apabila posisi hilal mencapai ketinggian 3 derajat dengan sudut elongasi 6,4 derajat.

Niat Sholat Idul Fitri Tulisan Arab, Latin dan Indonesia: Berapa Kali Takbir Salat Idul Fitri?

Kriteria ini merupakan pembaruan dari kriteria sebelumnya, yakni 2 derajat dengan sudut elongasi 3 derajat yang mendapat masukan dan kritik.

Kamaruddin menambahkan, Pemerintah Indonesia akan menyelenggarakan Sidang Isbat, dengan menggunakan metode hisab dan rukyat.

Di mana posisi hilal Syawal akan dipresentasikan oleh Tim Unifikasi Kalender Hijriyah yang selanjutnya menunggu laporan rukyat dari seluruh Indonesia.

Halaman
12
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    Tribun JualBeli
    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved