Tim Sus Merpati Polres Singkawang Laksanakan Patroli dan Sambangi Warga untuk Beri Rasa Aman 

Kegiatan Patroli ini merupakan satu upaya preventif guna mencegah terjadinya Gangguan Keamanan.

Editor: Jamadin
Dok. Polres Singkawang
Tim Sus Merpati Polres Singkawang menggelar patroli dan menyambangi warga, Sabtu 23 April 2022 

TRIBUNPONTIANAK.CO.ID, SINGKAWANG - Dalam rangka memberikan rasa aman kepada masyarakat, Tim Sus Merpati Polres Singkawang hadir laksanakan Patroli, untuk memantau kegiatan masyarakat baik di Pasar, maupun di sekitar lokasi Pemukiman Penduduk yang rawan terjadinya gangguan keamanan yang terdapat diwilayah Kota Singkawang, Sabtu 23 April 2022.

Menjelang siang hari aktivitas masyarakat mulai meningkat, dan untuk menjaga situasi tetap kondusif Tim Sus Merpati terus konsisten lakukan Patroli.

Kegiatan Patroli ini merupakan satu upaya preventif guna mencegah terjadinya Gangguan Keamanan.

Dalam kegiatan Patroli Tim Sus Merpati Polres Singkawang melakukannya dengan menggunakan Sepeda Motor, dengan memutari wilayah Kota Singkawang, sambil menyambangi warga masyarakat untuk menyampaikan Pesan - Pesan Kamtibmas, agar situasi Kota Singkawang selalu dalam keadaan aman.

Kapolres Singkawang Akbp Prasetiyo Adhi Wibowo, S.I.K.,M.H. melalui Kasihumas Polres Singkawang Iptu M. Mauluddin menuturkan kegiatan Patroli ini sudah menjadi agenda rutin bagi Tim Sus Merpati Polres Singkawang setiap hari, pada waktu pagi , siang , sore , dan malam hari untuk memberikan rasa aman kepada masyarakat, Tim sus merpati selalu melaksanakan Patroli guna memantau kegiatan masyarakat di kota singkawang, sebagai salah satu upaya untuk mencegah terjadinya gangguan keamanan.

Personel Polres Singkawang Laksanakan Patroli untuk Ciptakan Situasi Aman dan Kondusif

"Kepada masyarakat kota Singkawang terus kami himbau apabila ada menemukan ataupun melihat Peristiwa Kejahatan ataupun Peristiwa Pidana agar dapat segera melapor ke Polres Singkawang, Mari kita Jaga bersama Kota Singkawang agar selalu aman", pungkasnya.

Sambil melaksanakan Patroli Petugas juga selalu menyambangi warga Masyarakat, sambil berdialog untuk sampaikan imbauan Kamtibmas kepada masyarakat, dan memberikan Nomor Call center Timsus Merpati agar bisa melapor, jika terjadi sesuatu hal yang tidak diinginkan.

Sosialisasi Maklumat Kapolda

Dalam upaya mencegah terjadinya Kebakaran Hutan dan Lahan Personel Bhabinkamtibmas Polsek Jajaran Polres Singkawang Gencar Sosialisasikan Maklumat Kapolda Kalbar, satu di antaranya seperti yang dilakukan Bhabinkamtibmas Kelurahan Sungai Bulan Aipda Deni Susanto yang gencar sosialisasikan Maklumat Kapolda Kalbar kepada warga binaannya di Kelurahan Sungai Bulan Kec. Singkawang Utara Kota Singkawang, Sabtu 23 April 2022.

Aipda Deni Susanto menyampaikan kepada masyarakat" Bahwa Isi Maklumat Kapolda Kalbar Nomor : Mak/3 / IV / 2022 tentang Larangan Dan Sanksi Hukum Pembakaran Hutan dan Lahan (Karhutla), Bahwa untuk mewujudkan rasa aman dan nyaman dalam kehidupan masyarakat Kalimantan Barat dengan ini Kapolda Kalbar menyampaikan Mallumat sebagai berikut :

Kepada seluruh warga masyarakat dan pelaku usaha perkebunan dikalbar, Untuk tidak melakukan pembakaran hutan, lahan dan kebun karena dapat mengganggu kesehatan, keselamatan, dan aktivitas masyarakat.

Pembukaan lahan dengan cara pembakaran terbatas dan terkendali oleh peladang mengacu kepada peraturan Gubernur Kalbar Nomor 103 tahun 2020 tentang pembukaan areal lahan pertanian berbasis kearifan lokal dengan mengikuti tata cara pembukaan lahan, Sebagai berikut:

a. Bukan lahan gambut.
b. Memberitahukan kepada perangkat Desa/ Kelurahan dan memberitahukan kepada pemilik lahan yang berbatasan.
c. Membuat sekat bakar, menyediakan bahan dan peralatan pemadam, menggunakan dan mengutamakan tata cara tradisional sesuai dengan kearifan lokal
d. Dimulai dari tepi lahan dan sesuai kondisi arah angin serta dijaga sampai dengan api padam
e. Tidak mengakibatkan lahan orang lain ikut terbakar dan mengganggu keselamatan orang.
f. Pembukaan lahan hanya untuk ditanami tanaman padi, Palawija dan sayuran.

Bhabinkamtibmas Kelurahan Sungai Bulan Aipda Deni Susanto yang gencar sosialisasikan Maklumat Kapolda Kalbar kepada warga binaannya di Kelurahan Sungai Bulan Kecamatan Singkawang Utara Kota Singkawang, Sabtu 23 April 2022.
Bhabinkamtibmas Kelurahan Sungai Bulan Aipda Deni Susanto yang gencar sosialisasikan Maklumat Kapolda Kalbar kepada warga binaannya di Kelurahan Sungai Bulan Kecamatan Singkawang Utara Kota Singkawang, Sabtu 23 April 2022.

Pembakaran hutan, lahan dan kebun yang tidak sesuai peraturan perundang- undangan diancam hukuman penjara maksimal 15 Tahun dan denda paling banyak Rp.10.000.000.000,- sebagaimana diatur dalam UU Nomor : 11 Tahun 2020 tentang Cipta Kerja

"Bagi masyarakat yang mengetahui tentang terjadinya kebakaran hutan , lahan dan kebun segera menghubungi Pihak Kepolisian terdekat dan dapat juga menghubungi saya selaku Bhabinkamtibmas di Kelurahan Sungai Bulan," pungkasnya.

Saat ini cuaca dalam keadaan Cerah , petugas terus mengingatkan warga dengan cara melakukan himbauan kepada masyarakat untuk tidak membuka kebun atau lahan dengan cara membakar, semoga diwilayah kita tidak terjadi Karhutla.

  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved