Pemda KKU bersama BPJS Ketenagakerjaan Ketapang Beri Santunan pada Ahli Waris

Kemudian, Bapak Nopiyanto suami dari Almarhumah dan ahli waris ini menyampaikan Insya Allah santunan ini diniatkan kepada anak.

Penulis: Jovi Lasta | Editor: Try Juliansyah
TRIBUNPONTIANAK.CO.ID/Jovi Lasta
Bupati Kayong Utara, Drs. Citra Duani bersama pihak BPJS Ketenagakerjaan Ketapang secara simbolis memberikan santuan JKM kepada ahli waris di Kabupaten Kayong Utara, di Pendopo Bupati Kayong Utara, Kabupaten Kayong Utara, Provinsi Kalimantan Barat. Rabu 20 April 2022. TRIBUN PONTIANAK/jovi. 

TRIBUNPONTIANAK.CO.ID, KAYONGUTARA - Pemerintah Kabupaten Kayong Utara dalam hal ini, Bupati Kayong Utara, Drs. Citra Duani bersama pihak BPJS Ketenagakerjaan Ketapang memberikan santuan jaminan kematian (JKM) kepada ahli waris di Kabupaten Kayong Utara, Kalbar.

Jaminan ini diberikan kepada pegawai non ASN di lingkungan Pemda Kayong Utara, yang telah dikerjasamakan dengan Pemda Kayong Utara sendiri.

Atas hal tersebut, Bupati Citra menyampaikan bahwa pemberian santunan jaminan ini atas dasar kerjasama atau MoU dengan pihak BPJS beberapa waktu lalu.

“Kita laksanakan MoU dengan BPJS sejak 9 Februari dan 24 Februari itu, pegawai non ASN di lingkungan Pemda kurang lebih 1.800 orang resmi menjadi peserta BPJS ketenagakerjaan,” kata Bupati Citra, Rabu 20 April 2022.

Kebutuhan SDM RSUD SM Jamaludin I KKU, Ini Tanggapan Sekda Kayong Utara

Citra menuturkan, jaminan saat ini diberikan kepada peserta BPJS yang telah tutup usia dan diberikan kepada ahli warisnya.

“Ternyata dari sekalian peserta BPJS yang baru ini, ada satu guru bernama Maisarah (35) selama 9 tahun (sebagai pegawai) tutup usia. Jadi kita bersama BPJS Ketenagakerjaan menyerahkan santunan asuransi sebesar Rp. 42 juta kepada keluarga yang ditinggalkan, ahli waris yakni suaminya,” ungkap Citra.

Untuk itu, dalam memberikan jaminan sosial kepada masyarakat Bupati Citra berharap dan mengimbau kepada pekerja di Kayong Utara bisa menjadi kepesertaan BPJS Ketenagakerjaan.

“Kita imbau kepada khususnya tenaga-tenaga yang diluar TPP, magang di sekolah-sekolah, guru, petani dan seterusnya masuk segera menjadi kepesertaan BPJS Ketenagakerjaan karena ini sangat membantu masyarakat KKU,” lanjutnya.

Pada kesempatan itu, Kepala BPJS Ketenagakerjaan Ketapang, Julianto Marpaung menyampaikan terima kasih atas dukungan Pemda Kayong Utara dalam membantu pegawai non ASN ini.

“Terima kasih atas dukungan Pemerintah Kabupaten Kayong Utara, yang telah memberikan perlindungan bagi Tenaga Non ASN di Kayong Utara ke dalam Program BPJS Ketenagakerjaan,” terangnya.

Julianto menuturkan, hari ini pihaknya bersama Bapak Bupati Kayong Utara, Citra Duani serta pihak Dinas Pendidikan Kayong Utara menyerahkan Jamian ini.

“Hari ini kami bersama Bapak Bupati Kayong Utara dan pihak Dinas Pendidikan Kayong Utara membayarkan secara simbolis Jaminan Kematian kepada Suami dari Almarhumah Ibu Maisarah sebesar Rp. 42 juta. Almarhumah terdaftar di BPJS Ketenagakerjaan tanggal 24 Feb 2022 dan tutup usia pada tanggal 4 Maret 2022,” ujar Julianto.

Untuk itu, Ia berharap baik pekerja di Kayong Utara bisa ikut menjadi kepesertaan BPJS.

“BPJS Ketenagakerjaan berharap, bagi pekerja di Kabupaten Kayong Utara seperti Nelayan, Pedagang, Petani dan lain-lain terlindungi kedalam program BPJS Ketenagakerjaan yg mana iurannya dimulai 16.800/bulan, sehingga bila terjadi resiko meninggal diluar hubungan kerja mendapatkan santunan JKM sebesar Rp 42 juta, dan bila meninggal karena kecelakaan kerja akan mendapatkan Rp. 48 juta, ditambah biaya pemakaman Rp. 10 juta dan santunan skaligus Rp. 12 juta serta beasiswa untuk 2 orang anak,” tutur Dia.

Kemudian, Bapak Nopiyanto suami dari Almarhumah dan ahli waris ini menyampaikan Insya Allah santunan ini diniatkan kepada anak.

“Diinformasikan Alm Istri saya ini santunan pertama kali, mudah-mudahan masih tetap didukung oleh pihak Pemda sini terutama dan instansi Almarhumah tempatnya bekerja. Insya Allah saya niatkan untuk anak,” tutupnya. (*)

(Simak berita terbaru dari Kayong Utara)

  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved