Ramdhan Kareem

Bolehkah Tidur Lagi Setelah Sahur dan Sholat Subuh?

Langsung tidur setelah sahur dapat membuat seseorang rentan dalam mengalami gangguan pencernaan dan penyakit-penyakit lainnya.

Editor: Jamadin
File/Harjani Hefni
Ustaz Dr. H. Harjani Hefni, Lc, MA, Dosen Fakultas Ushuluddin, Adab dan Dakwah IAIN Pontianak 

TRIBUNPONTIANAK.CO.ID - Bolehkah tidur lagi setelah sahur dan solat subuh?

Dijawab oleh Ustaz Dr. H. Harjani Hefni, Lc, MA, Dosen Fakultas Ushuluddin, Adab dan Dakwah IAIN Pontianak

Tidak ada dalil khusus yg melarang tidur setelah sahur. Tetapi menurut pakar kesehatan, tidur yg dilalkukan setelah makan langsung tidak baik.

Mengutip Kompas.com 22 Mei 2018 silam, dr Inge Permadi, MS, SpGK menyebut bahwa sebenarnya tidur setelah sahur tidak dilarang. "Metabolisme tubuh tidak akan terganggu hanya karena kita tidur" jawabnya.

Akan tetapi, perlu diperhatikan jarak waktu antara selesai makan dengan tidur. 

"Ketika makanan masuk ke dalam tubuh kita, berarti tubuh kita sedang aktif. Bukan masalah metabolisme tubuh, tapi makanan adalah sumber energi. Ketika sumber energi tidak dipergunakan oleh tubuh kita, yang akan terjadi akan ditumpuk" jelas dia.

Menurut Inge, makanan yang ditumpuk akan dipergunakan saat beraktivitas. Inilah yang menjadikan pentingnya jarak antara selesai makan dengan waktu tidur.

Oleh karena itu, tidak disarankan untuk langsung tidur setelah sahur. 

Langsung tidur setelah sahur dapat membuat seseorang rentan dalam mengalami gangguan pencernaan dan penyakit-penyakit lainnya.

Selain tidak sehat, tidur setelah sahur juga berpotensi untuk menjadikan kita ketiduran dan tidak melaksanakan sholat subuh berjamaah.

Apakah Menangis Membatalkan Puasa?

Karena itu saya sarankan agar kita melaksanakan sunnah Nabi tentang makan sahur yaitu ta’khir atau mengakhirkan waktu makan sahur hingga dekat dengan waktu subuh.

Kalau kita makan sahur di waktu yang tidak jauh jaraknya dengan waktu subuh, maka kita mendapatkan banyak keuntungan, di antaranya, melaksanakan sunnah Nabi, tidak ketinggalan sholat berjamaah subuh, dan akan mendapatkan kesehatan prima.

Adapun tidur setelah subuh langsung juga tidak dianjurkan. Nabi saw berdoa kepada Allah agar menjadikan subuh waktu turunnya barokah.

Karena keberkahannya, kita disunnahkan untuk mengisi waktu setelah subuh dengan banyak berdzikir dan bekerja mencari nafkah.

Tetapi kalua malamnya kurang tidur karena sesuatu dan lain hal, maka tidak ada masalah untuk tidur setelah subuh.

  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved