Batu Terbesar di Indonesia, Ini 6 Alasan Kamu Harus Mengunjungi Bukit Kelam di Sintang Kalbar

Bukit kelam sangat cocok bagi kamu yang berjiwa petualangan, kamu bisa mencoba melakukan pendakian.

Penulis: Maskartini | Editor: Maskartini
TRIBUNPONTIANAK/Agus Pujianto
Seorang pengunjung sedang berbincang menikmati wisata persawahan yang berada di Desa Kelam Sejahtera, Kabupaten Sintang. 

TRIBUNPONTIANAK.CO.ID - Bukit Kelam merupakan salah satu objek wisata yang ada di Sintang, Kalimantan Barat. Konon Bukit Kelam merupakan batu terbesar di Indonesia. 

Kelam merupakan icon pariwisata yang berada di kabupaten sintang, kalimantan barat. Bukit kelam sangat cocok bagi kamu yang berjiwa petualangan, kamu bisa mencoba melakukan pendakian.

Objek wisata ini juga menawarkan pemandangan yang memukau baik dari kaki bukit sampai ke puncaknya.

Dilansir dari website resmi DPMPTSP, berikut ini kami akan menjelaskan kenapa kalian bukit kelam menjadi destinasi wajib bagi kalian

1. Akses Yang Terjangkau

Akses bukit kelam sangat mudah dijangkau karena berjarak sekitar 23 km dari pusat kabupaten Sintang yang membutuhkan waktu sekitar 20 - 40 menit.

Setelah mencapai kecamatan kelam, kamu harus masuk ke jalan lingkar kelam tidak membutuhkan waktu yang lama, barulah kamu bisa melihat kaki bukit kelam.

2. Mendaki Menggunakan Tangga Via Ferrata

Mendaki menggunakan tangga via ferrata sangat cocok jika kamu pecinta adrenalin dan tidak takut ketinggian, kamu bisa menggunakan tangga via ferrata itu.

Menggunakan tangga via ferrata, pendakian bukit kelam di nilai lebih aman karena tangga tersebut dilengkapi dengan pangaman dan didampingi orang yang berpengalaman.

Investor Lirik Potensi TWA Bukit Kelam, BKSDA Kalbar : Ikuti Saja Prosedur dan Ketentuan yang Ada

3. Keanekaragaman Flora dan Fauna

Ketika mendengar nama kantong semar kita akan mengingat tanaman yang unik dan menggantungkan dirinya memakan serangga dan beberapa binatang kecil lainnya yang dikenal sebagai tanaman karnivora.

Ya, tanaman jenis kantong semar ini juga berada di bukit kelam. Kantong semar jenis Nepenthes Clipeata merupakan tanaman endemik di bukit kelam.

Artinya untuk menjumpai kantong semar jenis ini hanya berada di bukit kelam dan tidak dapat ditemukan di daerah lainnya.

Halaman
12
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    berita POPULER

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved