Rangkaian HUT Ke-406 Kota Sanggau, Pemkab Sanggau Gelar Festival Pancur Aji 

Sekretaris Daerah Kabupaten Sanggau, Kukuh Triyatmaka menyampaikan bahwa kegiatan tersebut diharapkan dapat merangsang pergerakan ekonomi masyarakat,

Penulis: Hendri Chornelius | Editor: Hamdan Darsani
TRIBUNPONTIANAK/Diskominfo Sanggau
Sekretaris Daerah Kabupaten Sanggau, Kukuh Triyatmaka saat foto bersama usai membuka kegiatan Festival Pancur Aji dalam rangka memeriahkan peringatan Hari Jadi ke-406 Kota Sanggau di kawasan Wisata Pancur Aji Sanggau, Kalbar, Sabtu 26 Maret 2022. 

TRIBUNPONTIANAK.CO.ID, SANGGAU - Sekretaris Daerah Kabupaten Sanggau, Kukuh Triyatmaka membuka kegiatan Festival Pancur Aji dalam rangka memeriahkan peringatan Hari Jadi ke-406 Kota Sanggau di kawasan Wisata Pancur Aji Sanggau, Kalbar, Sabtu 26 Maret 2022.

Festival Pancur Aji dilaksanakan selama dua hari mulai tanggal 26 Maret 2022 sampai dengan 27 Maret 2022 dengan berbagai perlombaan. Diantaranya Lomba Panahan, Lomba Ketapel, Lomba Kuliner Khas Sanggau, Lomba Gasing, Lomba Sumpit, Atraksi Bepanak Ajatn, dan Lomba Kopi Tungku.

Dalam sambutannya, Sekretaris Daerah Kabupaten Sanggau, Kukuh Triyatmaka menyampaikan bahwa kegiatan tersebut diharapkan dapat merangsang pergerakan ekonomi masyarakat, Serta mengembangkan keterampilan produksi kuliner khas Sanggau.

Kapolres Sanggau Hadiri Pembukaan Turnamen Menembak Sabang Merah Cup II Open se-Kalbar

“Kegiatan ini selain bermaksud untuk kembali menstimulus pergerakan ekonomi rakyat juga diharapkan agar dapat menambah keterampilan pelaku usaha. dan dapat mengembangkan produksi kuliner masing-masing peserta menjadi lebih baik di masa-masa yang akan datang,”katanya, Minggu 27 Maret 2022.

Selain itu, Sekda berharap agar olahraga tradisional yang dilombakan dapat selalu dilestarikan dan menjadi daya tarik bagi wisatawan yang akan ke Sanggau.

“Semoga dari olahraga tradisional yang dilombakan dapat menjadi daya tarik tersendiri bagi wisatawan, Serta menimbulkan kembali geliat pariwisata di Kabupaten Sanggau sesuai dengan branding pariwisata Sanggau yaitu Boh Ke Sanggau,"ujarnya.

Sekda juga berharap agar festival Pancur Aji dapat masuk dalam kalender of Event yang ditetapkan mulai dari Pemerintah Daerah, Provinsi bahkan sampai ke Pemerintah Pusat.

“Berbicara pariwisata saya berharap festival Pancur Aji tahun 2022 dapat menjadi salah satu item dalam kalender event Kabupaten Sanggau yang ditetapkan oleh Pemerintah Daerah. dan tentunya karakter festival ini dapat dirumuskan bersama, Sehingga ciri khas kedaerahan di Sanggau tetap menjadi prioritas utama dalam pelaksanaan Festival,”harapnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Pemuda Olahraga dan Pariwisata (Disporapar) Kabupaten Sanggau, Libertus Toto Martono menyampaikan bahwa festival Pancur Aji menjadi wadah bagi para peserta lomba untuk menyalurkan hobinya.

“Dengan adanya festival Pancur Aji ini dapat dijadikan wadah untuk menyalurkan hobi atau bakat. dan diharapkan para peserta lomba yang berasal dari beberapa OPD serta komunitas ini dapat menyalurkannya,”katanya.

Ia juga berharap agar Festival Pancur Aji dapat masuk ke dalam Calender of Event, Sehingga dapat meningkatkan Pariwisata yang ada di Kabupaten Sanggau.

“Harapan kita Festival Pancur Aji ini dapat menjadi kegiatan rutin tahunan yang dilaksanakan, Sehingga dapat menjadi salah satu kegiatan yang masuk dalam Calender of Event kedepannya,”harapnya.

Selanjutnya Sekretaris Daerah Sanggau bersama tamu undangan berkeliling melihat aktivitas dari kegiatan lomba, Serta mencoba beberapa aksi yang dilombakan dalam Festival Pancur Aji tahun 2022.

Selanjutnya dilaksanakan penyerahan hadiah kepada para juara lomba sumpit dan ketapel serta lomba kuliner khas Sanggau. (*)

[Update informasi Seputar Kabupaten Sanggau]

  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    berita POPULER

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved