Penjelasan dari LAPAN Terkait Waktu Terjadinya Kulminasi Matahari di Tugu Khatulistiwa Pontianak

Pada pelaksanaan Seremonial Peringatan titik kulminasi matahari yang digelar oleh Disporapar Kota Pontianak, Senin 21 Maret 2022.

Penulis: Muhammad Rokib | Editor: Try Juliansyah
TRIBUNPONTIANAK.CO.ID/Rokib
pihak LAPAN Pontianak dan awak media melakukan peneropongan matahari menggunakan teleskop pada saat hendak terjadinya Kulminasi Matahari di Tugu Khatulistiwa Kota Pontianak Kalimantan Barat, Senin 21 Maret 2022. Tribun Rokib 

TRIBUNPONTIANAK.CO.ID, PONTIANAK- Kulminasi Matahari yang terjadi di Tugu Khatulistiwa Kota Pontianak Kalimantan Barat menjadi salah satu fenomena langka yang terjadi di Bumi Khatulistiwa.

Pelaksana Fungsi BPL Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (LAPAN) Pontianak, Angga menyampaikan, bahwa terjadinya fenomena kulminasi matahari di Tugu Khatulistiwa Kota Pontianak Kalimantan Barat ini terjadi pada setiap tanggal 21-23 Maret dan 21-23 September.

Pada pelaksanaan Seremonial Peringatan titik kulminasi matahari yang digelar oleh Disporapar Kota Pontianak, Senin 21 Maret 2022. Angga menerangkan, bahwa terjadinya Kulminasi Matahari atau tepat matahari berada diatas kepala pada pukul 11.49 WIB.

"Puncak titik kulminasinya itu terjadi pada pukul 11.49 WIB posisi matahari tegak diatas kepala kita sekitar 90 derajat," jelasnya.

Nostalgia Martabak Telur Mini Jaman SD, Jajanan Jaman 500-an Rupiah

Kata dia, dalam setiap kulminasi matahari ini terjadi tidak berselang lama, hanya sekitar 3 menit.

Sehingga pada momen ini sering di praktekkan dengan mendirikan telor di Kawasan Tugu Khatulistiwa hal inilah yang menjadi suatu yang unik yang dapat dilihat oleh masyarakat maupun wisawatan.

Hal tersebut, ia sampaikan berdasarkan hasil pengamatannya menggunakan teleskop dan berbagai alat lainnya.

"Durasi kulminasi matahari sekitar 3 menitan dari tahun ketahun itu sama," katanya. (*)

(Simak berita terbaru dari Pontianak)

  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved