Relawan Konservasi Tajam Tingkatkan Kapasitas Relawan Melalui Field Trip di Nanga Tayap

Wawan menerangkan, bahwa penting sekali dalam mengetahui cara ataupun teknik hidup di alam bebas terkhusus di hutan.

Penulis: Jovi Lasta | Editor: Hamdan Darsani
TRIBUNPONTIANAK/Yayasan Palung.
Relawan Konservasi Taruna Penjaga Alam (RK-TAJAM) melakukan field trip peningkatan kapasitas relawan beberapa waktu lalu, di Hutan Desa Simpang Tiga Sembelangaan, Kecamatan Nanga Tayap, Kabupaten Ketapang, Kalbar. Sabtu 12 Maret 2022. TRIBUN PONTIANAK/Dok. Yayasan Palung. 

TRIBUNPONTIANAK.CO.ID, KETAPANG - Relawan Konservasi-Taruna Penjaga Alam (Rk-Tajam) berkesempatan untuk melakukan field trip peningkatan kapasitas di Hutan Desa Simpang Tiga Sembelangaan, Kecamatan Nanga Tayap, Kabupaten Ketapang.

Pada kesempatan, Wawan Anggriandi selaku pihak yang akan menyampaikan materi pada kegiatan oleh Relawan Konservasi Taruna Penjaga Alam (Rk-Tajam) tersebut. Wawan memberikan materi tentang teknik hidup alam bebas.

Wawan menerangkan, bahwa penting sekali dalam mengetahui cara ataupun teknik hidup di alam bebas terkhusus di hutan.

Sekda Serahkan LKPD Ketapang TA 2021 ke BPK RI Kalbar, Harap Peroleh Opini WTP 8 Kali Berturut-turut

"Pentingnya kita untuk mengetahui teknik hidup di alam bebas. Relawan harus bisa menggunakan rumus AMAT (Air, Makanan, Api, dan Tempat Tinggal) saat bertahan hidup di hutan," terangnya, Kamis 17 Maret 2022.

Selain itu, kita juga harus bisa melakukan teknik membuat api dan membuat bivak (tempat untuk melindungi diri saat berkemah/tenda). Bivak merupakan salah satu kemampuan wajib survival di alam bebas.

Kemudian, Haning Pertiwi selaku Pembina Relawan Konservasi Taruna Penjaga Alam (Rk-Tajam) menuturkan semoga dengan adanya pelatihan ini dapat meningkatan kapasitas para relawan

"Wawasan anggota RK-TAJAM dapat mengajak banyak orang, untuk berbuat baik kepada alam," tutupnya. (*)

[Update Informasi Seputar Kabupaten Kayong Utara]

  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved