Farhan Pimpin Rapat Penyediaan Air Baku di Kendawangan

Farhan dalam kesempatan tersebut menyampaikan bahwa permasalahan yang ada dalam pembangunan fasilitas air baku oleh pihak perusahaan ini yakni apakah

Penulis: Nur Imam Satria | Editor: Hamdan Darsani
TRIBUNPONTIANAK/Foto Prokopim Setda Ketapang
Wakil Bupati Ketapang Farhan memimpin rapat koordinasi terkait kesiapan Pemerintah Daerah (Pemda) Ketapang dalam penyediaan air baku di Kecamatan Kendawangan yang digelar di Ruang Rapat Bupati Ketapang. 

TRIBUNPONTIANAK.CO.ID, KETAPANG - Wakil Bupati Ketapang Farhan memimpin rapat koordinasi terkait kesiapan Pemerintah Daerah (Pemda) Kabupaten Ketapang dalam penyediaan air baku di Kecamatan Kendawangan yang digelar di Ruang Rapat Bupati Ketapang, Jumat 25 Februari 2022.

Farhan dalam kesempatan tersebut menyampaikan bahwa permasalahan yang ada dalam pembangunan fasilitas air baku oleh pihak perusahaan ini yakni apakah bersifat komersil atau non komersil.

Namun melalui kebijakan Pemkab Ketapang, Farhan mengatakan, akan memastikan bahwa pembangunan fasilitas air baku ini akan bersifat non-komersil dengan catatan bahwa air dari sumber utama di-'geser' ke Desa Banjarsari, yang nantinya akan dibangun keran-keran umum.

Polres Ketapang Gelar Apel Operasi Keselamatan Kapuas 2022 Dua Pekan Mendatang

"Sampai saat ini, masyarakat Desa Banjarsari belum terakses dengan fasilitas air bersih, mereka selama ini masih membeli untuk mendapatkan air bersih," katanya.

Mantan Sekretaris Daerah Kabupaten Ketapang itu mengungkapkan, bahwa persoalan yang terjadi selama ini, debit air yang ada di Sungai Gayam tidak dimungkinkan sampai ke Desa Banjarsari.

Untuk itu, lanjut Farhan, akan lebih baik jika menggeser sumber air ke Desa Banjarsari dan tidak dikomersialisasikan

"Ini sesuai dengan Pasal 33 (3) UUD 1945 yang menegaskan bahwa bumi, air, dan kekayaan alam yang terkandung di dalamnya dikuasai oleh negara dan dipergunakan untuk sebesar-besar kemakmuran rakyat," pungkasnya. (*)

[Update Informasi Seputar Kabupaten Ketapang]

  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    berita POPULER

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved