Penanganan Covid

Terbaru Syarat Penumpang Pesawat Berlaku 1 Maret 2022! Pemerintah Revisi Masa Karantina

Syarat karantina tiga hari bagi PPLN adalah sudah divaksinasi lengkap dan yang sudah mendapatkan vaksin lanjutan (booster).

Editor: Marlen Sitinjak
DAVID ROWLAND / AFP
Airbus A330 Qantas tiba di bandara internasional Auckland pada hari pertama warga Selandia Baru kembali dari Australia setelah perbatasan dibuka kembali untuk pelancong yang mematuhi aturan isolasi mandiri di rumah, Senin 28 Februari 2022. 

TRIBUNPONTIANAK.CO.ID - Berikut aturan terbaru bagi penumpang pesawat yang berlaku mulai, Selasa 1 Maret 2022.

Seperti diketahui, pemerintah kembali melakukan revisi masa karantina bagi pelaku perjalanan luar negeri (PPLN).

Mulai Selasa, 1 Maret 2022, PPLN hanya perlu menjalani karantina selama tiga hari saat tiba di Indonesia.

Syarat karantina tiga hari bagi PPLN adalah sudah divaksinasi lengkap dan yang sudah mendapatkan vaksin lanjutan (booster).

Diketahui, masa karantina bagi PPLN berlaku 5 hari.

Pesawat Terbesar di Dunia Dikabarkan Hancur Karena Serangan Rusia , Antonov-225 Mriya Dibombardir!

Hal ini dikatakan Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi (Menko Marves), Luhut Binsar Pandjaitan dalam konferensi pers secara virtual setelah rapat evaluasi PPKM pada Minggu 27 Februari 2022.

"Setelah mendengar masukan dari para pakar dan juga menganalisa data-data yang ada maka pada 1 Maret mendatang pemerintah hanya akan memberlakukan karantina tiga hari bagi PPLN yang sudah vaksinasi lengkap dan booster," ujar Luhut.

Luhut mengungkapkan, dalam data yang diperoleh, kasus harian per populasi Indonesia sebenarnya relatif lebih rendah dibandingkan negara-negara yang sudah tidak lagi memberlakukan karantina.

Namun, tingkat kematian atau case fatality rate Indonesia masih relatif lebih tinggi dan vaksinasi lengkap terhadap populasi yang ada juga masih lebih rendah.

Aturan Naik Pesawat Terbaru Sesuai Wilayah PPKM 

"Dengan berbasis data tersebut, pemerintah tetap menggunakan pendekatan kehati-hatian dan bertahap dalam menentukan penyesuaian karantina PPLN," ucap dia, dikutip dari Kompas.com.

Sementara itu, pemerintah juga akan melakukan uji coba tanpa karantina bagi PPLN yang akan datang ke Bali.

Kebijakan ini, dikutip dari maritim.go.id, rencananya akan mulai diberlakukan pada 14 Maret 2022 mendatang.

Luhut mengungkapkan alasan pemerintah memilih Bali sebagai lokasi uji coba percontohan karena tingkat vaksinasi dosis kedua untuk umum sudah tinggi dibandingkan dengan provinsi lainnya.

Namun, dalam masa persiapan menuju 14 Maret 2022 mendatang, pemerintah akan terus mengakselerasi dosis kedua untuk lansia dan booster.

Halaman
123
Sumber: Tribunnews
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved