Polres Sanggau Gelar Tatap Muka, Meningkatkan Sinergitas Dalam Menjaga Keamanan dan Ketertiban

Untuk mewujudkan itu semua perlu adanya kesadaran masyarakat dalam membantu Polri menjaga keamanan dan ketertiban masyarakat

Editor: Jamadin
Dok. Polres Sanggau
Polres Sanggau menggelar tatap muka bersama masyarakat di Aula Graha Wira Pratama Polres Sanggau, Selasa 22 Februari 2022 

TRIBUNPONTIANAK.CO.ID, SANGGAU - Polres Sanggau menggelar tatap muka bersama masyarakat di Aula Graha Wira Pratama Polres Sanggau, Selasa 22 Februari 2022. 

Tatap muka dalam rangka meningkatkan Sinergitas Dalam Menjaga Keamanan dan Ketertiban Masyarakat di Kabupaten Sanggau.

Kegiatan dihadiri Kapolres Sanggau AKBP Ade Kuncoro Ridwan, S.I.K, Wakapolres Sanggau Kompol Novrial Alberti Kombo, S.I.K, M.AP, PJU Polres Sanggau, Ketua Harian DAD Kabupaten Sanggau, Ketua IKBM Kabupaten Sanggau, Ketua PFKPM Kabupaten Sanggau, Ketua G3 Kabupaten Sanggau, Ketua Pasundan Kabupaten Sanggau, Ketua NU Kabupaten Sanggau, Ketua MUI Kabupaten Sanggau, Ketua Muhammadiyah Kabupaten Sanggau, Ketua GP Anshor Kabupaten Sanggau, Pengurus PDKS Kabupaten Sanggau, Pengurus Organisasi Kemasyarakatan, Organisasi Kepemudaan, Organisasi Keagamaan serta Forum Komunikasi Umat Beragama (FKUB) Kabupaten Sanggau.

Dalam Sambutannya Kapolres Sanggau mengucapkan Puji Syukur Kehadirat Tuhan Yang Maha Kuasa, karena atas limpahan rahmat dan karunia-Nya, pada hari ini kita masih diberikan kesehatan jasmani dan rohani, sehingga dapat hadir bersama di tempat ini untuk mengikuti acara tatap muka bersama komponen masyarakat Kabupaten Sanggau dalam rangka “Meningkatkan Sinergitas Polri Dengan Komponen Masyarakat Dalam Menjaga Kamtibmas di Wilayah Kabupaten Sanggau.”

“Kami menyadari bahwa Polri tidak bisa bekerja sediri dalam menjaga dan menciptakan situasi Kamtibmas yang man dan kondusif tanpa peran serta dari seluruh komponen masyarakat,” ucapnya.

Rawat Kondusifitas Kamtibmas, Satbinmas Polres Melawi Gelar Tatap Muka Para Tokoh dan Masyarakat

AKBP Ade Kuncoro mengungkapkan, melalui tatap muka ini, mari kita tingkatkan sinergitas antara Polres Sanggau dengan seluruh komponen masyarakat, baik Masyarakat Adat, Majelis Budaya, Organisasi Kemasyarakatan, Organisasi Keagamaan maupun Organisasi Kepemudaan yang selama ini sudah terjalin dengan baik, sehingga dapat bersama-sama menjaga dan memelihara situasi Kamtibmas yang aman dan kondusif di Wilayah Kabupaten Sanggau.

Polres Sanggau menggelar tatap muka bersama masyarakat di Aula Graha Wira Pratama Polres Sanggau, Selasa 22 Februari 2022
 Kapolres Sanggau AKBP Ade Kuncoro Ridwan, S.I.K, menyampaikan kata sambutan pada acara  tatap muka bersama masyarakat di Aula Graha Wira Pratama Polres Sanggau, Selasa 22 Februari 2022 

“Untuk mewujudkan itu semua perlu adanya kesadaran masyarakat dalam membantu Polri menjaga keamanan dan ketertiban masyarakat," jelasnya.

Jumlah Anggota Polri yang tidak sebanding dengan jumlah penduduk Kabupaten Sanggau menjadi alasan utama untuk membentuk sebuah kelompok masyarakat yang memiliki kesadaran lebih tinggi dari masyarakat lainya terkait Kamtibmas, yang kemudian kelompok masyarakat tersebut dikenal dengan sebutan Kelompok Sadar Kamtibmas atau disingkat Pokdar Kamtibmas,” ungkapnya.

Pokdar Kamtibmas, lanjut Kapolres, adalah sebuah organisasi masyarakat yang bertugas secara sukarela membantu Polri untuk mengamankan dan menertibkan masyarakat.

Sebagai Dasar Pembentukan Pokdar Kamtibmas adalah Surat Keputusan Kapolri No. Pol: SKEP/831/XI/2005 Tanggal 25 Nopember 2005 tentang Pembentukan dan Pembinaan Kelompok Sadar Kamtibmas (Pokdar Kamtibmas).

“Pokdar Kamtibmas didirikan atas inisiatif Direktur Pembinaan Masyarakat Mabes Polri Irjen Pol Putra Astaman bersama beberapa Jenderal lainnya pada Tahun 1992. Pokdar Kamtibmas dibentuk karena dibutuhkan masyarakat yang benar-benar ingin menjaga ketertiban dan keamanan di masyarakat,” kata AKBP Ade Kuncoro.

Pokdar Kamtibmas mempunyai visi, menjadi sahabat dan menjalin kemitraan masyarakat dengan Polri dalam meningkatkan kesadaran hukum dan cegah tangkal gangguan Kamtibmas.

“Sedangkan misinya adalah, hadir ditengah masyarakat untuk memberikan suluh dalam peningkatan kesadaran Kamtibmas dan hukum, membangun komunikasi yang efektif dan intensif dengan masyarakat, kelompok dan atau komunitas, membangun dan mengembangkan Kemitraan dengan segenap komunitas dalam memelihara situasi Kamtibmas dan mendorong partisipasi masyarakat dalam menumbuh kembangkan daya cegah tangkal dini terhadap segala bentuk gangguan Kamtibmas,” tambah Kapolres Sanggau.

AKBP Ade Kuncoro mengatakan Terkait dengan Pokdar Kamtibmas, secara lengkap nanti akan dipaparkan oleh Kasat Binmas, apa dan bagaimana Pokdar Kamtibmas sesuai Skep Kapolri tersebut.

Halaman
12
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved