Tekan Penyebaran COVID-19 di Pontianak, Sidiq Imbau untuk Mengurangi Interaksi di Ruangan Tertutup

Ia mengatakan, upaya Pemerintah Kota untuk mengendalikan kasus Covid 19, dengan mengikuti intruski Menteri Dalam Negeri (Mendagri) terbaru. 

Penulis: Muhammad Luthfi | Editor: Hamdan Darsani
TRIBUNPONTIANAK/Muhammad Luthfi
Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Pontianak, Sidig Handanu, di Kegiatan Vaksinisasi Serentak Lansia dan Masyarakat umum dosis 1, 2, 3 dan Boster Kota Pontianak, di selengarakan di Pontianak Convention Centre (PCC), Jumat, 11 Februari 2022. 

TRIBUNPONTIANAK.CO.ID, PONTIANAK - Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Pontianak, Sidiq Handanu, menjelaskan sudah sulit untuk memberi kategori klaster penyebaran Covid-19, karena penyebarannya sudah cukup luas.

“Sekarang sudah bercampur ya, klaster. Kalau awal-awal kemarinkan dari pelaku perjalanan, kemudian keluarga, dan sekarang sudah masuk ke perkantoran-perkantoran,” jelasnya, saat di wawancarai di Pontianak Convention Center, Kota Pontianak, Jumat, 18 Februari 2022.

“Jadi klaster sekarang sudah lebih luas lagi, sehingga sekarang kita sudah sangat sulit menetapkan, dari klaster mana. Karena transmisi virus inikan sangat erat dari hubungan interaksi antar manusia,” ujarnya.

Sejumlah Masyarakat Tampak Antusias Ikuti Vaksinasi COVID-19 di Pontianak Convention Center

Ia mengatakan, upaya Pemerintah Kota untuk mengendalikan kasus Covid 19, dengan mengikuti intruski Menteri Dalam Negeri (Mendagri) terbaru. 

“Upaya kita tetap berpedoman pada Intruski Menteri Dalam Negeri yang terbaru, kalau kita sudah masuk PPKM level 3. Kemudian di tindak lanjuti lewat Surat Edaran (SE) dari Walikota, tentang penerapan PPKM tersebut,” katanya.

Lebih lanjut, Sidiq menambahkan, tiga point penting dalam menekan kasus Covid 19, mengurangi Interaksi, kepadatan, dan taat Prokes.

“Intinya hampir sama dengan yang sudah kita lakukan, tetap tiga hal itu yang penting. Mengurangi Interaksi, kepadatan, dan tetap terus menggunakan masker, itu saja,” ucapnya.

“Tapi yang paling penting untuk Omicron ini, dengan mengurangi interaksi, terutama di ruangan tertutup,” imbaunya.

Sidiq menyampaikan, target 500  dosis vaksinasi, dalam kegiatan vaksinasi lanjutan serentak Se-Indonesia, yang di selengkarakan di gedung PCC.

“Untuk target vaksin hari ini, kita targetkan 500, baik vaksin 1, 2, dan 3. Kita akan tetap melaksanakan vaksinasi ini, di semua titik pelayanan kesehatan yang ada di Kota Pontianak,” ucapnya.

“Terutama di Puskesmas dan kita masih tetap melakukan, kegiatan-kegiatan lapangan ya, di RT/RW, kita masih melaksanakan,” pungkasnya. (*)

[Update Informasi Seputar Kota Pontianak]

  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved