Bupati Sanggau Tanam Perdana Jagung Manis di Desa Mengkiang Sanggau

Ketua DPC PDI Perjuangan Sanggau itu berharap seluruh produksi hortikultura bisa tersedia dan bisa datang di pasar. Tentu banyak faktor yang mendukung

Penulis: Hendri Chornelius | Editor: Hamdan Darsani
TRIBUNPONTIANAK/Kodim Sanggau
Bupati Sanggau, Paolus Hadi didampingi pejabat lainya saat melaksanakan tanam perdana jagung manis di Dusun Sungai Langer, Desa Mengkiang, Kecamatan Kapuas, Kabupaten Sanggau, Kalbar, Rabu 16 Februari 2022. 

TRIBUNPONTIANAK.CO.ID, SANGGAU - Bupati Sanggau, Paolus Hadi melaksanakan tanam perdana jagung manis di Dusun Sungai Langer, Desa Mengkiang, Kecamatan Kapuas, Kabupaten Sanggau, Kalbar, Rabu 16 Februari 2022.

Hadir juga Dandim 1204/Sanggau, Letkol Inf Bayu Yudha Pratama, Kasat Sabhara Polres Sanggau AKP Sri Mulyono, Kepala Dinas Ketahanan Pangan, Tanaman Pangan, Hortikultura dan Perikanan (Dishangpang Hortikan) Sanggau, Kubin, dan Kepala OPD dilingkungan Pemkab Sanggau lainya, dan undangan lainnya. 

Dalam sambutannya, Bupati Sanggau Paolus Hadi menyampaikan bahwa kita bersama-sama mencoba untuk  menggerakkan tanaman Hortikultura di Dusun Sungai Langer ini, Tadi sudah kita canangkan bahwa Desa Mengkiang secara khusus Dusun Langer ini untuk menjadi kampung hortikultura.

Banjir Rendam Tiga Desa di Kecamatan Batang Tarang Sanggau

Ketua DPC PDI Perjuangan Sanggau itu berharap seluruh produksi hortikultura bisa tersedia dan bisa datang di pasar. Tentu banyak faktor yang mendukung,  Kita coba untuk meliputi banyak hal yang mempengaruhi dan kita jadikan satu konsep.

"Kemudian bagaimana juga hasil mereka bisa sampai ke pasar, tenaga kerja mereka dilindungi dengan BPJS nya, Alam terjaga dan paling terpenting kesejahteraan mereka meningkat. Hari ini kita juga mulai menanam jagung tanpa bakar, dengan memanfaatkan kiri dan kanan badan jalan,” tuturnya.

PH sapaan akrabnya juga mengajak masyarakat Dusun Sungai Langer untuk memanfaatkan perkarangan rumah maupun lahan kosong milik masyarakat untuk menanam tanaman hortikultura.

PH juga mengingatkan kepada masyarakat untuk senantiasa menjalankan protokol kesehatan, seperti memakai masker, rajin cuci tangan, menjaga jarak dan menghindari kerumunan guna menghindari penyebaran Covid-19.

Komandan Kodim 1204/Sanggau Letkol Inf Bayu Yudha Pratama mengatakan bahwa, Kami telah melihat beberapa demonstrasi diantaranya pembuatan cuka Kayu dan penyiraman tanaman menggunakan mesin motor.

"Diharapkan kegiatan seperti ini terus dilaksanakan guna mencegah Karhutla. Kami bangga datang kesini karena Dusun Sungai Langer merupakan Dusun penyumbang oksigen terbaik di Kabupaten Sanggau,"katanya.

"Besar harapan kami masyarakat terus bergotong royong didalam melaksanakan pembangunan. Serta kita harus memiliki target, Sehingga capaiannya terus meningkat,"tambahnya.

Kepala Dinas Ketahanan Pangan, Tanaman Pangan, Hortikultura dan Perikanan (Dishangpang Hortikan) Sanggau, Kubin menyampaikan bahwa gerakan tanam jagung hari ini kurang lebih tiga hektare.

"Artinya sepanjang jalan 3 KM ini kiri kanan jalan yang baru dibuka Pemkab Sanggau akses jalan dari Sanggau menuju Dusun Sungai Langer kita tanam jagung tiga poktan,"katanya. 

"Bersama dengan kelompok tani, kami juga siap segala macam hal salah satunya dengan pupuk yang akan kita bantu. Kemudian dalam hal menanam jagung ini kita juga bekerjasama dengan PT Finantara sebagai Mitra kami dalam mensukseskan terwujudnya kampung hortikultura,"ujarnya.

Kegiatan dilanjutkan dengan vaksinasi kepada masyarakat Dusun Sungai Langer, Selama mengikuti vaksinasi tersebut, pelaksana dan peserta menerapkan protokol kesehatan yang ketat. Mereka memakai masker dan menjaga jarak ketika berada di dalam antrean. (*)

[Update informasi Seputar Kabupaten Sanggau]

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved