Polsek Kembayan Bentuk Tim Tindak Knalpot Racing

Sebelum pembentukan Tim, Polsek Kembayan telah melaksanakan sosialisasi larangan penggunaan knalpot racing setiap hari

Penulis: Hendri Chornelius | Editor: Try Juliansyah
TRIBUNPONTIANAK.CO.ID/Polsek Kembayan.
Kapolsek Kembayan, AKP MR Pardosi saat memberikan arahan pada saat pembentukan tim tindak knalpot racing di Mapolsek Kembayan, Kabupaten Sanggau, Kalbar, Senin 14 Februari 2022. Polsek Kembayan. IST 

TRIBUNPONTIANAK.CO.ID, SANGGAU - Polsek Kembayan, membentuk tim untuk menindak kenalpot racing diwilayah Kecamatan Kembayan, Kabupaten Sanggau, Kalbar, Senin 14 Februari 2022. Tim tersebut terdiri dari seluruh Personel Polsek Kembayan.

Penanggung jawabnya adalah Kapolsek Kembayan AKP MR Pardosi dan koordinator dilapangan yakni Kanit Reskrim Aiptu Markus.

Sasarannya yakni pengendara sepeda motor yang menggunakan knalpot racing. Penanggung jawabnya adalah Kapolsek Kembayan AKP MR Pardosi dan koordinator dilapangan yakni Kanit Reskrim Aiptu Markus.

Hari pertama, Tim tersebut berhasil mengamankan satu unit motor yang menggunakan kenalpot racing.

Jadi Pembina Upacara di SMAN 1 Tujuh Belas, Berikut Pesan yang Disampaikan Kapolsek Sanggau Ledo

"Hari pertama pembentukan Tim, Tim berhasil mengamankan Pelajar kelas 8 inisial VC warga Kecamatan Kembayan, yang mengendara ugal-ugalan dan memakai knalpot racing,"kata Kapolsek Kembayan, AKP MR Pardosi melalui rilisnya, Senin 14 Februari 2022.

"Tim tindak akan bergerak (Mobiling) mencari pengendara knalpot racing dan mengamankannya ke Polsek Kembayan,"tambahnya.

Kapolsek menjelaskan dibentuknya tim tersebut menanggapi permintaan warga agar dilakukan penindakan terhadap pengendara motor pengguna knalpot racing, Karena menimbulkan keresahan dan kebisingan.

Tujuan dibentuknya tim tersebut yakni mencapai rencana program kerja Polsek Kembayan untuk menciptakan keamanan, ketertiban dan kelancaran Lalulintas (Kamtibcar Lantas).

"Dan melaksanakan arahan Kapolres Sanggau AKBP Ade Kuncoro Ridwan agar para Kapolsek jajaran melaksanakan Harkamtibmas (Pemeliharaan Keamanan dan Ketertiban Masyarakat) diwilayahnya masing-masing,"ujarnya.

Selain itu sebagai antisipasi Lakalantas, antisipasi Curanmor dan membentuk karakter sopan berlalulintas khususnya bagi Pelajar dan anak muda di Kecamatan Kembayan.

Dikatakannya, Sebelum pembentukan Tim, Polsek Kembayan telah melaksanakan sosialisasi larangan penggunaan knalpot racing setiap hari dengan cara mobiling pasar Kembayan dengan memakai Speaker, selama 1 tahun lebih.

"Kedepan Polsek Kembayan akan menyurati Bengkel-bengkel sepeda motor agar tidak melakukan pemasangan knalpot racing pada motor dan membuat surat imbauan ke Desa-desa,"tuturnya.

Pengendara motor yang menggunakan knalpot racing dapat diproses hukum dan pasal yang dikenakan yakni pasal 285 UU Nomor 22 tahun 2009 tentang LLAJ (Lalu Lintas dan Angkutan Jalan) dan Pasal 503 KUHP tentang Membuat keributan yang mengganggu waktu orang beristirahat. (*)

(Simak berita terbaru dari Sanggau)

  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved