Larry Kurniawan Figo Sebut PETI Masalah yang Datang Pergi

Dia mengatakan pelaku PETI selalu memanfaatkan kondisi kelalaian aparat. Saat kondisinya tidak diributkan maka pelaku mengambil momentum untuk melakuk

Penulis: Imam Maksum | Editor: Hamdan Darsani
TRIBUNPONTIANAK/ISTIMEWA
Anggota DPRD Kabupaten Sambas Larry Kurniawan Figo 

TRIBUNPONTIANAK.CO.ID, SAMBAS - Anggota DPRD Kabupaten Sambas Larry Kurniawan Figo mengapresiasi langkah Kepolisian Resor Sambas melakukan penertiban Penambangan Emas Tanpa Izin (PETI) di Desa Sebatok, Kecamatan Sebawi, Kabupaten Sambas.

Menurut Larry Kurniawan Figo permasalahan PETI merupakan problem klasik yang sering hilang datang. “Masalah PETI di Kabupaten Sambas merupakan masalah klasik, hilang tumbuh secara berkala,” katanya kepada Tribun Pontianak, Sabtu 12 Februari 2022.

Dia mengatakan pelaku PETI selalu memanfaatkan kondisi kelalaian aparat. Saat kondisinya tidak diributkan maka pelaku mengambil momentum untuk melakukan aksinya kembali.

Kepala Satpol PP Sambas Sebut Luas Area PETI Capai 10 Hektar di Des Sebatok

“Kita apresiasi langkah Kepolisian Sambas yang telah melakukan sidak ke lokasi PETI walaupun ini bocor dan hanya dapat menyita alat tersebut,” ungkapnya.

Dia berujar, namun ini memberikan warning kepada para pelaku bahwa petugas setiap saat bisa saja melakukan sidak kembali. Persoalan PETI harus menjadi perhatian semua.

“Bukan hanya tugas aparat hukum yang sifatnya kuratif namun perlu langkah preventif khususnya dari Pemdes, Pemda dan seluruh komponen masyarakat untuk bekerja sama,” jelasnya.

Hal tersebut, lanjut dia, untuk mengawali dan memberikan kesadaran bagi masyarakat akan akibat dan dampak bagi lingkungan. 

Dia menuturkan jika memang tambang emas punya potensi dalam meningkatkan ekonomi masyarakat, Pemda perlu melakukan kajian dengan diberikan akses perizinan disertai  amdalnya.

“Memamg pengurusan perizinan pertambangan ini sangat rumit dan birokratis. Sayang juga kalau potensi emas yang ada di Kabupaten Sambas ini tidak dikembangkan dan diberdayakan,” tuturnya.

Sehingga, lanjutnya, potensi emas dapat memberikan nilai manfaat dalam peningkatan pendapatan dan ekonomi masyarakat Kabupaten Sambas. (*)

[Update Informasi Seputar Kabupaten Sambas]

  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved