Jalin Hubungan Baik dengan Warga, Babinsa Kodim Singkawang Bantu Januardi Buat Gula Aren

Dengan membantu kegiatan mereka, akan terbangun rasa kepercayaan, artinya kita sukses menjalin hubungan baik dengan warga

Penulis: Rizki Kurnia | Editor: Jamadin
Dok Pendim Singkawang.
Babinsa Koramil 1202-03/Sungai Raya, Serda Pujianto bantu Januardi, warga Desa Rukmajaya, Sungai Raya Kepulauan, Kabupaten Bengkayang bikin gula merah. Selasa 1 Februari 2022. 

TRIBUNPONTIAN.CO.ID, BENGKAYANG - Berbagai cara dilakukan oleh Babinsa Kodim  1202/Singkawang untuk mendekatkan diri dengan warga di wilayah binaannya.

Seperti yang dilakukan oleh salah seorang Babinsa yang bertugas di Koramil 1202-03/Sungai Raya, Serda Pujianto.

Secara rutin, Serda Pujianto membantu Januardi, warga Dusun Pelita, Desa Rukmajaya, Kecamatan Sungai Raya Kepulauan, Kabupaten Bengkayang, Kalimantan Barat membuat gula merah.

Menurut Serda Pujianto, dengan membantu aktivitas warga, memudahkannya untuk mendekatkan diri dan menjalin tali silaturahmi bersama masyarakat.

"Dengan membantu kegiatan mereka, akan terbangun rasa kepercayaan, artinya kita sukses menjalin hubungan baik dengan warga," ujar Serda Pujianto, Rabu 2 Februari 2022.

Selain itu, membantu Januardi, lanjutnya, juga memberinya pengetahun tentang pembuatan gula aren atau gula merah tersebut.

Ia menerangkan, dalam proses pembuatan gula merah tersebut membutuhkan waktu yang cukup lama penuh dengan kesabaran, mulai dari pengambilan air aren, proses memasak hingga pencetakan adonan gula merah.

Babinsa dan Warga Batu Ampar Bersama Lakukan Pemadaman Kebakaran Hutan dan Lahan

"Bapak Januardi ini, sehari bisa memproduksi 20 kg, untuk harga 1 kg di jual seharga Rp 13 ribu, untuk pemasaran melayani masyarakat Desa Rukmajaya dan ada pengepul yang mengambilnya," ujarnya.

Sementara itu, Dandim 1202/Skw, Letkol Inf Condro Edi Wibowo menerangkan, silaturahmi Babinsa atau biasa sering disebut Komsos ini merupakan tugas rutin yang dilaksanakan Babinsa untuk mengetahui perkembangan wilayah binaan guna mempererat hubungan yang harmonis antara TNI dan masyarakat.

"Ini penting dilakukan Babinsa, agar mereka lebih mudah menjalankan tugas-tugas mereka sebagai Babinsa," tutur Letkol Inf Condro Edi Wibowo.

  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved