Warga Serahkan 70 Senjata Api Rakitan ke Polsek Sanggau Ledo

Penyerahan senjata api rakitan oleh masyarakat secara langsung, dengan tujuan sebagai wujud masyarakat dalam upaya menjaga dan melestarian satwa liar

Editor: Jamadin
Dok. Polsek Sanggau Ledo
Kapolsek Sanggau Ledo, Ipda Dwiyanto Bhanu.S, S.I.P Menerima Sebanyak 70 Pucuk Senjata Api Rakitan milik masyarakat yang berada di Kawasan CAGN (Cagar Alam Gunung Niut), dilaksanakan di rumah sdr.Martono selaku ketua PUMK dusun Laek desa Bengkilu Kecamatan Tujuh Belas, Jumat 21 Januari 2022. 

TRIBUNPONTIANAK.CO.ID, BENGKAYANG -Kapolsek Sanggau Ledo, Ipda Dwiyanto Bhanu.S, S.I.P Menerima Sebanyak 70 Pucuk Senjata Api Rakitan milik masyarakat yang berada di Kawasan CAGN (Cagar Alam Gunung Niut), dilaksanakan di rumah sdr.Martono selaku ketua PUMK dusun Laek desa Bengkilu Kecamatan Tujuh Belas, Jumat 21 Januari 2022.

Hadir dalam kegiatan tersebut, YPI (Yayasan Planet Indonesia) Mesriandi, Kasi Trantib kecamatan Tujuh Belas, Viktorinus, Kepala Dusun Laek, Suryadi, Kepala Adat Antonius Edi,Babinsa 1202/Koramil Sanggau Ledo, Bhabinkamtibmas desa Bengkilu Polsek Sanggau Ledo

Pada saat di lokasi, Kapolsek Sanggau Ledo, Ipda Dwiyanto Bhanu Susilo, S.I.P. menyampaikan Penyerahan Senjata Api Rakitan dari masyarakat dusun Laek desa Bengkilu Kecamatan Tujuh Belas kepada Polsek Sanggau Ledo secara sukarela yang difasilitasi oleh BKSDA serta YPI (Yayasan Planet Indonesia) dengan menukarkan program pengembangan pertanian berkelanjutan / kebutuhan dasar masyarakat.

Seorang Polisi Tembak Polisi di Lombok Timur Pakai Senjata Api Laras Panjang

"Penyerahan senjata api rakitan oleh masyarakat secara langsung, dengan tujuan sebagai wujud masyarakat dalam upaya menjaga dan melestarian satwa liar, dari kebiasaan mengandalkan penghasilan dari perburuan liar beralih kepertanian yang inovatif dan produktif, serta dalam menjaga Kamtibmas di wilayah hukum Sanggau Ledo, "imbuhnya.

Adapun Senjata Api yang diserahkan 70 Pucuk terdiri sebagai berikut.
1. Senapan Angin : 21 pucuk
2. Lantak : 42 pucuk
3. Boman : 1 pucuk
4. Pistol : 6 pucuk

Kapolsek Sanggau Ledo, Ipda Dwiyanto Bhanu.S, S.I.P Menambahkan, hasil dari penyerahan Senpi rakitan tersebut, Polsek Sanggau Ledo akan berkoordinasi dengan Sat Tahti Polres Bengkayang dan akan menitipkan kembali senpi rakitan tersebut ke Sat Tahti Polres Bengkayang.

YPI, Mesriandi menyampaikan program ini merupakan kerjasama antara BKSDA dengan YPI terkait pengelolaan Cagar Alam Gunung Niut dengan melibatkan masyarakat sekitar kawasan untuk mempromosikan dan mengangkat kearifan lokal berlandaskan keuntungan lestari melalui Pelayanan Usaha Masyarakat Konservasi (PUMK) dengan tujuan menurunkan ketergantungan masyarakat berupa perburuan satwa liar terhadap Cagar Alam Gunung Niut.

Kegiatan seperti ini sudah berjalan artinya bukan merupakan yang pertama kalinya dilaksanakan " Pertukaran Senjata Api Rakitan di Kawasan CAGN (Cagar Alam Gunung Niut) " yaitu untuk tahun 2021 telah kita laksanakan penyerahan senpi rakitan oleh masyarakat di Dusun Dawar, Desa Pisak kecamatan Tujuh Belas.

  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved