Breaking News:

Kondisi Banjir di Kapuas Hulu Berangsur Surut, Ruas Jalan Nasional Terendam

Hingga saat ini jelas Gunawan, belum ada dampak berarti bagi masyarakat yang terkena banjir, karena volume banjir masih dalam hal biasa bagi masyaraka

Penulis: Sahirul Hakim | Editor: Rivaldi Ade Musliadi
TRIBUNPONTIANAK/ISTIMEWA/Dok. BPBD Kapuas Hulu
Kondisi banjir di sejumlah titik di wilayah Kabupaten Kapuas Hulu, pada Jumat 14 Januari 2022. Namun hingga kini Sabtu 15 Januari 2022, kondisi banjir sudah berangsur surut. 

TRIBUNPONTIANAK.CO.ID, KAPUAS HULU - Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Kapuas Hulu, Gunawan menyatakan, kondisi air bah atau banjir di wilayah Kapuas Hulu, Provinsi Kalimantan Barat, sudah mulai berangsur surut.

"Hanya saja ruas jalan nasional di sekitar jembatan sampak, Jalan Lintas Selatan, Kecamatan Kalis, masih terendam air banjir dari sungai Manday, dan masih bisa dilewati kendaraan," ujarnya kepada Tribun Pontianak, Sabtu 15 Januari 2022.

Hingga saat ini jelas Gunawan, belum ada dampak berarti bagi masyarakat yang terkena banjir, karena volume banjir masih dalam hal biasa bagi masyarakat.

"Banjir belum sampai ketinggian merendam rumah warga, jadi warga masih dalam biasa saja," ucapnya.

Namun dari pada itu, BPBD Kapuas Hulu terus mengimbau kepada seluruh masyarakat Kapuas Hulu, agar tetap siaga satu bencana alam seperti banjir tersebut.

4 Kecamatan dan 19 Desa Terdampak Banjir di Kabupaten Kapuas Hulu Kalbar

"Pastinya tergantung curah hujan, apabila sering terjadi di wilayah perhuluan sungai, maka akan kemungkinan besar terjadi banjir," ujarnya.

Tambahnya Gunawan, kondisi banjir di daerah lintas selatan maupun Utara Kapuas Hulu, tidak sampai memakai waktu lama, paling lama sekitar 1 hingga 3 hari.

"Beda dengan kondisi banjir di daerah lintas sungai Kapuas dan danau, mereka disana cukup lama," ucapnya.

Sedangkan kondisi banjir berdasarkan data Jumat 14 Januari 2022, dari BPBD Kapuas Hulu, ada 19 desa dari 4 kecamatan yang sudah terdampak banjir, akibat debet air sungai meninggi hingga ke pemukiman warga dan ruas jalan, dikarenakan curah hujan tinggi.

"Hingga saat ini kondisi banjir di wilayah Kabupaten Kapuas Hulu sudah berangsur surut, namun kami mengimbau kepada seluruh masyarakat agar tetap siaga satu banjir, dan pemerintah terus monitor kondisi banjir," ungkapnya. (*)

(Simak berita terbaru dari Kapuas Hulu)

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved