Breaking News:

Pos Babinsa Sungai Raya Bengkayang Ditanami Jahe, Warga Bebas Ambil

Ia mengatakan, jahe-jahe yang telah ditanam di sekitaran pos Babinsa tersebut nantinya dapat dimanfaatkan oleh warga yang membutuhkan.

Penulis: Rizki Kurnia | Editor: Rivaldi Ade Musliadi
TRIBUNPONTIANAK/ISTIMEWA/Dok Pendim Singkawang
Babinsa Sertu Sugiyanto bersama warga menanam jahe di sekitaran Pos Babinsa. Jumat 14 Januari 2022. 

TRIBUNPONTIANAK.CO.ID, BENGKAYANG - Babinsa Koramil 1202-03/Sungai Raya jadikan Pos Babinsa di Dusun Teluk Suak, Desa Karimunting, Kecamatan Sungai Raya Kepulauan, Kabupaten Bengkayang, Kalimantan Barat, sebagai lahan pertanian tanaman jahe.

Babinsa Sertu Sugiyanto menerangkan, penamaman jahe tersebut dilakukan di lahan kosong atau lahan tidak terpakai di sekitaran pos Babinsa.

Dengan dibantu warga sekitar, Sertu Sugiyanto berhasil menanam ratusan jahe di lahan kosong tersebut.

Ia mengatakan, jahe-jahe yang telah ditanam di sekitaran pos Babinsa tersebut nantinya dapat dimanfaatkan oleh warga yang membutuhkan.

Capai 70 Persen Cakupan Vaksinasi, Bupati Bengkayang Darwis Ucapkan Terima Kasih ke Kecamatan Siding

"Adanya lahan kosong di Pos Babinsa bisa dimanfaatkan untuk menanam tanaman Jahe dan bisa dimanfaatkan pula hasilnya oleh warga dari pada lahan tersebut menganggur," ujar Sertu Sugiyanto, Jumat 14 Januari 2022.

Selain itu, menurut Sertu Sugiyanto, hal ini merupakan implementasi kemanunggalan TNI dan rakyat, dimana Babinsa bersama warga Karimunting bersinergi menjaga ketahanan pangan ditengah situasi pandemi Covid-19 saat sekarang ini.

Sertu Sugiyanto juga menerangka ,tanaman Jahe juga sangat bermanfaat apabila diolah untuk meningkatkan imun maupun daya tahan tubuh ditengah penyebaran Covid-19 ini.

Jenis Jahe yang ditanam, lanjutnya, juga merupakan Jahe unggul dimana jenis ini sangat laris dipasaran dan sangat mudah untuk dibudidayakan.

"Ada beberapa tahapan dalam proses penanamannya yaitu perlakuan bibit jahe. Sebelum ditanam bibit, terlebih dahulu disemai sampai tumbuh tunas dengan ukuran lebih kurang 10 cm sampai 20 cm, tahap selanjutnya baru kita pindahkan ke media yang sudah disiapkan untuk penanaman. Perawatan tanaman jahe ini sangat mudah yaitu dengan penyiangan rumput, penggemburan tanah, dan pemupukan secara periodik," tuturnya. (*)

(Simak berita terbaru dari Bengkayang)

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

Tribun JualBeli
© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved