Breaking News:

Disumbang Tempat Pengelolaan Sampah, Hanya 3 Kecamatan di Kapuas Hulu Masih Aktif

Dijelaskannya, TPS3R tersebut merupakan bantuan dari sumber dana alokasi khusus (DAK) bidang samitase tahun 2019, untuk penanganan sampah di wilayah K

Penulis: Sahirul Hakim | Editor: Rivaldi Ade Musliadi
TRIBUNPONTIANAK/SAHIRUL HAKIM
Kepala Bidang Persampahan dan Pertamanan, Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Kapuas Hulu, Provinsi Kalimantan Barat, M. Sudirman. 

TRIBUNPONTIANAK.CO.ID, KAPUAS HULU - Kepala Bidang Persampahan dan Pertamanan, Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Kapuas Hulu, Provinsi Kalimantan Barat, M. Sudirman menyatakan bahwa, tempat pengolahan sampah - reduce, reuse, recyle (TPS3R) di Kapuas Hulu hanya masih aktif sebanyak 3 tempat.

"3 tempat tersebut yang masih aktif yaitu di Kecamatan Semitau, Tepuai Kecamatan Hulu Gurung, dan Putussibau Selatan. Sedangkan yang lainnya terkendala terkait dengan biaya pemeliharaan," ujarnya kepada wartawan, Jumat 14 Januari 2022.

Dijelaskannya, TPS3R tersebut merupakan bantuan dari sumber dana alokasi khusus (DAK) bidang samitase tahun 2019, untuk penanganan sampah di wilayah Kabupaten Kapuas Hulu. "Dimana ini untuk dialokasikan ke desa-desa," ucapnya.

Kendala lainnya bagi yang tidak aktif TPS3R tersebut, kata Sudirman, kondisi medan yang berbukit-bukit, sehingga kekuatan tosa tidak layak di kondisi tersebut.

Sejumlah Wilayah di Kapuas Hulu Mulai Terendam Banjir Setelah Diguyur Hujan

"Tosa yang kita bantu juga kita modifikasi, sehingga mampu menampung muatan yang cukup banyak, tapi karena madanya turun naik bukit akirnya pernah terbalik, sehingga banyak yang sudah tidak layak digunakan lagi," ujarnya.

Malah di Kecamatan Semitau sendiri, sudah ada menggunakan L300, dimana kerja sama dengan BUMDes, namun kedepan tetap melakukan pembinaan secara
berkelanjutan.

"Karena dana pemkab sangat terbatas, kita sarankan untuk berkoordinasi dengan kawan-kawan di DPRD lewat dana aspirasi mereka," ungkapnya. (*)

(Simak berita terbaru dari Kapuas Hulu)

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved