Breaking News:

9 Desa di Kapuas Hulu Sudah Terendam Banjir

"Akibat banjir di kecamatan Kalis, karena meluapnya sungai kalis dan sungai manday, namun kondisi terkini untuk Desa Nanga Tubuk, Desa Nanga Danau, De

Penulis: Sahirul Hakim | Editor: Rivaldi Ade Musliadi
TRIBUNPONTIANAK/SAHIRUL HAKIM
Kondisi sungai Kapuas, debet airnya meninggi akibat curah hujan yang tinggi beberapa hari terakhir ini, Jumat 24 Januari 2022. 

TRIBUNPONTIANAK.CO.ID, KAPUAS HULU - Data sementara dari Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Kapuas Hulu, ada 9 desa dan kelurahan wilayah Kapuas Hulu, Provinsi Kalimantan Barat, yang sudah terendam banjir, akibat debet air sungai meninggi dikarenakan intensitas hujan.

Adapun 9 desa dan kelurahan yang sudah terendam banjir seperti, Desa Tanjung Intan, Desa Nanga Mentebah, Desa Kemaren (Kecamatan Mentebah), Desa Kalis Raya, Desa Nanga Kalis, Desa Tekudak, Desa Nanga Danau, dan Desa Nanga Tubuk (Kecamatan Kalis), terakhir wilayah kelurahan Kedamin Hilir Kecamatan Putussibau Selatan.

Kepala BPBD Kabupaten Kapuas Hulu Gunawan menyatakan, kedalaman banjir yang sudah merendam sejumlah warga dan ruas jalan di wilayah Kabupaten Kapuas Hulu berkisar 50 cm hingga 1 meter.

"Akibat banjir di kecamatan Kalis, karena meluapnya sungai kalis dan sungai manday, namun kondisi terkini untuk Desa Nanga Tubuk, Desa Nanga Danau, Desa Tekudak, air berangsur surut," ujarnya kepada Tribun Pontianak, Jumat 14 Januari 2022.

Dinas Perikanan Kapuas Hulu Kalbar Perketat Pengawasan PUD dan Pengelolaan Budidaya Ikan

Sedangkan untuk Kecamatan Mentebah, banjir dikarenakan melupakannya sungai mentebah dan sungai batang suruk (DAS).

"Untuk DAS mendalam, Sibau, dan kapuas banjir mudahan-mudahan kalau tidak ada hujan beberapa hari ke depan sudah surut," ucapnya.

Gunawan mengimbau kepada seluruh masyarakat Kapuas Hulu, agar tetap siaga banjir, karena intensitas hujan wilayah Kabupaten Kapuas Hulu masih terjadi.

"Kalau hujan terus akan mudah terjadi banjir," ungkapnya. (*)

(Simak berita terbaru dari Kapuas Hulu)

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved