Breaking News:

4 Kecamatan dan 19 Desa Terdampak Banjir di Kabupaten Kapuas Hulu Kalbar

Wakil Bupati Kapuas Hulu Wahyudi Hidayat mengimbau kepada seluruh masyarakat Kapuas Hulu, agar siaga banjir, karena sudah ada beberapa wilayah

Penulis: Sahirul Hakim | Editor: Hamdan Darsani
TRIBUNPONTIANAK/Humas BPBD Kapuas Hulu
Kepala BPBD Kapuas Hulu Gunawan saat meninjau lokasi banjir di sejumlah titik wilayah Kabupaten Kapuas Hulu, Jumat 14 Januari 2022. 

TRIBUNPONTIANAK.CO.ID, KAPUAS HULU - Berdasarkan data sementara Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Kapuas Hulu, pada tanggal 14 Januari 2022, ada 19 desa di Kapuas Hulu, Provinsi Kalimantan Barat, yang terdampak banjir akibat hujan deras.

19 desa yang terdampak banjir tersebut di 4 kecamatan yaitu kecamatan Putussibau Selatan (Teluk Barak, dan desa Tanjung Jati), Kecamatan Kalis (Desa Nanga Danau, Desa Nanga Kalis, Desa Nanga Lebangan,

Desa Tekudak, Desa Kalis Raya, Desa Semarantau, Desa Melapi Manday, dan Desa Nanga Tubuk), Kecamatan Mentebah (Desa Tanjung Intan, Desa Nanga Mentebah, dan Desa Menarin), terakhir kecamatan Bika (Desa Jongkong Manday dan Desa Jelemuk).

"Ketinggian banjir dari 30 cm hingga 1 meter, dan kalau tidak ada terjadi hujan satu hari atau dua hari kondisi banjir akan berangsur surut, karena memang akibat hujan lebat beberapa hari terakhir ini, membuat debet air sungai meluap atau meninggi," ujar Kepala BPBD Kapuas Hulu Gunawan kepada Tribun Pontianak, Jumat 14 Januari 2022.

Wahyudi Hidayat Sebut Vaksinasi Lansia di Kapuas Hulu Capai 53,70 Persen

Gunawan kembali mengingatkan kepada seluruh masyarakat Kapuas Hulu, agar tetap siaga banjir karena memang curah hujan di wilayah Kabupaten Kapuas Hulu, masih terjadi.

"Apalagi daerah pesisir sungai, sangat mudah terjadi banjir, maka tetap siaga," ungkapnya.

Wakil Bupati Kapuas Hulu Wahyudi Hidayat mengimbau kepada seluruh masyarakat Kapuas Hulu, agar siaga banjir, karena sudah ada beberapa wilayah Kabupaten Kapuas Hulu, Provinsi Kalbar, mulai terendam banjir.

"Kita tau bersama bahwa, intensitas hujan wilayah Kabupaten Kapuas Hulu beberapa hari terakhir ini sangat tinggi, sehingga membuat debet air sungai Kapuas meninggi, dan mulai merendam pemukiman warga dan ruas jalan," ujarnya.

Wahyudi Hidayat juga menyatakan, kalau Pemerintah Daerah Kabupaten Kapuas Hulu melalui BPBD akan terus monitor kondisi banjir di wilayah Kapuas Hulu.

"Tentunya kita akan segera mengambil langkah terkait penanganan bencana banjir di wilayah Kapuas Hulu," ungkapnya. (*)

[Update informasi Seputar Kabupaten Kapuas Hulu]

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

Tribun JualBeli
© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved