Breaking News:

Pemkot Pontianak Akan Tingkatkan Penataan Kawasan Pusat Kuliner di Jalan Letkol Sugiono

Menurut Edi, kejadian tersebut dikarenakan kurang ketatnya penjagaan pada malam hari ataupun saat pemilik tidak sedang berada di tempat.

Penulis: Muhammad Rokib | Editor: Hamdan Darsani
TRIBUNPONTIANAK/Muhammad Rokib
Suasana di kawasan Jalan Letkol Sugiono Kelurahan Akcaya Kecamatan Pontianak Selatan Kota Pontianak Kalimantan Barat, Kamis 13 Januari 2022. Tampak sepi tidak ada aktivitas pedagang berjualan. 

TRIBUNPONTIANAK.CO.ID, PONTIANAK - Wali Kota Pontianak Edi Rusdi Kamtono menyampaikan, bahwa pihaknya akan terus melakukan peningkatan terhadap kawasan Pusat Kuliner di Jalan Letkol Sugiono Kelurahan Akcaya Pontianak kecamatan Pontianak Selatan, baik dari bidang keamanan maupun infrastruktur jalan yang akan menembus ke jalan Ahmad Yani dikerjakan tahun 2022 ini .

Bahkan atas keluhan dari pedagang terkait banyak barang-barang mereka yang hilang, maka Pemkot Pontianak akan segera membentuk petugas keamanan.

Menurut Edi, kejadian tersebut dikarenakan kurang ketatnya penjagaan pada malam hari ataupun saat pemilik tidak sedang berada di tempat.

34 Lulusan STIKES Yarsi Pontianak Diwisuda, Kamaruzaman : Semoga Bisa Meningkatkan IPM Kalbar

Untuk itu, dirinya juga sudah meminta agar Disperindag melakukan koordinasi dengan pemilik usaha disana.

"Disperindag sudah berkoordinasi dengan kelompok-kelompok pedagang disana, karena kawasan ini kan masih uji coba untuk penyepurnaan, sehingga memang diperlukan tenda-tenda itu pakai semodel kontainer agar lebih aman. Kemudian penerangan lampu juga perlu ditingkatkan dan dalam waktu singkat ini akan dibentuk petugas keamanan sehingga ada petugas tetap yang menjaga disana," jelasnya.

Lebih lanjut Edi menjelaskan, bahwa pihaknya terus berupaya untuk memberikan ruang kepada masyarakat untuk meningkatkan perekonomian terkhusus bagi pelaku UMKM.

Untuk itu, melalui destinasi wisata kuliner yang dibentuk ini diharapkan bisa membangkitkan perekonomian masyarakat.

Pada pusat Kuliner di Jalan Letkol Sugiono dikatakan Edi, pada awal-awal pembukaan memang sudah berjalan, namun memang pengunjung yang datang belum optimal sehingga menghambat penjualan para pedagang.

"Dan karena lingkungan seperti jalan belum 100 persen tembus ke jalan Ahmad Yani, maka tahun ini akan kita kerjakan, karena akan berhasil jika pengunjung ramai seperti taman-taman yang sudah ada di Pontianak. Untuk itu, penerangan perlu ditingkatkan, inovasi pedagang termasuk Disperindag dalam pengelola UMKM harus dilakukan yang kreatif. Sehingga ada penyempurnaan- penyempurnaan.

Sementara itu, Kepala Dinas Koperasi Usaha Mikro dan Perdagangan (Diskumdag) Kota Pontianak Junaidi menyampaikan, bahwa pihaknya telah melakukan rapat koordinasi dengan pihak terkait, bahkan belum lama ini, pihaknya telah melaksanakan rapat dengan para pelaku usaha yang berjualan di kawasan Jalan Letkol Sugiono Pontianak Kelurahan Akcaya Kecamatan Pontianak Selatan Kota Pontianak Kalimantan Barat.

"Kemaren kita sudah rapatkan, intinya semua pedagang harus buka semua," ujarnya.

Dalam mengatasi persoalan keresahan pedagang atas kehilangan barang-barangnya, Kadikumdag mengatakan pihaknya akan membentuk petugas keamanan.

"Untuk masalah keamanan sementara ini sistem swadaya yaitu dengan meningkatkan Siskamling sesama pedagang. Kemudian kedepannya baru kita siapkan tenaga pengamanan seperti Satpam," pungkasnya. (*)

[Update Informasi Seputar Kota Pontianak]

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

Tribun JualBeli
© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved