Breaking News:

Mulai Tahun 2022, Dinas PMPDes Akan Nilai Kinerja Pemerintahan Desa Melalui Rapor

"Rapot desa mulai tahun 2022 kita mulai, Setahun sekali kita nilai. Tujuannya adalah ingin menciptakan desa maju dan mandiri," kata Rony

Penulis: Agus Pujianto | Editor: Try Juliansyah
TRIBUNPONTIANAK/AGUS PUJIANTO
Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Pemerintahan Desa, Herkulanus Rony. 

TRIBUNPONTIANAK.CO.ID, SINTANG - Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Pemerintahan Desa Kabupaten Sintang, Herkulanus Rony mengungkapkan pada tahun 2022 akan dimulai penerapan rapot desa untuk menilai kinerja pemerintahan desa.

Penilaian dilakukan untuk mencoptakan lebih banyak desa maju dan mandiri di Kabupaten Sintang, Kalimantan Barat.

"Rapot desa mulai tahun 2022 kita mulai, Setahun sekali kita nilai. Tujuannya adalah ingin menciptakan desa maju dan mandiri," kata Rony, Kamis 13 Januari 2022.

"Kalau desa sudah mampu melaksanakan penyelengagaran pemerintahan mulai dari perencanan sampai pertangungjawaban sesuai standar," lanjutnya.

Akan Ada Pabrik dan Laboratorium Albumin, Kartiyus Ajak Masyarakat Sintang Budidaya Ikan Gabus

Menurutnya, terjadi skala perioritas penilaian mulai tahun 2022. Garis besar yang diperioritaskan, soal kinerja pemerintahan desa, perencanaan, sampai dengan pertanggungjawaban.

"Kita wajibkan untuk dilaporkan oleh pemerintah desa, hingga nanti kita bisa memberikan penilaian, desa ini tipenya a, b atau c," kata Rony.

Penilaian dilakuan setiap setahu sekali. Apabila desa dapat rapot baaik, maka akan diberikan reward.

"Nanti 2023 kita berikan reward misalnya setifikat sesuai kriteria. Harapan kita kalau diberikan rapot mereka saling termotivasi untuk menjadi yang terbaik dalam tata kelola pemerintahan desa," ujar Rony

"Kalau sanksi sementara waktu ini memang kita lebih pada pembinaan terhadap desa yang dianggap masih belum standar. Harapan kita kalau sudah kita lakukan pembinaan seperti itu, tidak ada lagi desa yang dibawah ketentuan," pungkasnya. (*)

(Simak berita terbaru dari Sintang)

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved