Breaking News:

Ketua Rukun Tetangga di Pontianak Komentari Soal Pindah Domisili Tak Perlu Lagi Surat Pengantar RT

Ketua RT 03/ RW 16 Gang Margodadirejo 1, Kelurahan Sungai Jawi, Kota Pontianak, Sunarko mengatakan sudah melakukan sosialisasi secara online.

Penulis: Anggita Putri | Editor: Hamdan Darsani
NET/GOOGLE
Ilustrasi Ketua RT 

TRIBUNPONTIANAK.CO.ID, PONTIANAK - Kini untuk Syarat Pindah Domisili Tak Perlu Surat Pengantar RT/RW hingga desa/kelurahan. Aturan itu mengacu pada Peraturan Presiden (Perpres) 96 Tahun 2018 dan Peraturan Menteri Dalam Negeri (Permendagri) 108 Tahun 2019.

Ketua RT 03/ RW 16 Gang Margodadirejo 1, Kelurahan Sungai Jawi, Kota Pontianak, Sunarko mengatakan sudah melakukan sosialisasi secara online melalui pesan whatsapp ke group-group.

“Selama ini memang belum ada sosialisasi secara langsung, tapi saya share di grup. Walau demikian kalau ada yang minta surat pindah tetap saya buatkan,”ujarnya, Kamis 13 Januari 2022.

Satgas Covid-19 Kecamatan Jongkat Ajak Ketua RT Rapat Koordinasi Bersama Bupati Mempawah

Sekaligus ketika warga datang kerumah dilakukan sosialisasi. Menurutnya surat pindah juga penting untuk informasi bahwa orang tersebut adalah warga mana sebelumnya. 

“Tapi selama ini kayak nya belum ada yang pindah.Jadi belum ada yang datang minta surat pengantar untuk pindah,”ujarnya.

Ia memiliki prinsip dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat apapun itu. Contoh kalau ada yang meminta surat dan tandatangana silahkan saja. Jadi apapun itu dipermudah. 

“Sebenarnya menurut saya surat pindah itu harus ada sebagai info bahwa memang dia asal warga dari sini dan pindah diketahui oleh RT nya. Jadi tidak nyelonong pindah. Sekaligus laporan kepindahannya,”ujarnya.

Ia mengatakan dengan adanya aturan tersebut tidak ada dampak tergantung RT masing-masing.

“Karena kalau  saya sendiri stand bye 24 jam. Kalau mau ketemu saya tinggal konfirmasi saja dulu keperluan apa, tinggal datang saja. Kalau buat surat pindah biasanya tidak lama karena format sudah ada, tinggal isi identitas, tinggal print,”ujarnya.

Dikonfirmasi terpisah, Ketua RT 001/RW 007  Kelurahan Bangka Belitung Darat, Komplek Pondok Agung Utama,Pontianak Tenggara, Steven mengatakan bahwa sebagai Ketua RT kepanjangan tangan dari Pemerintah di tingkat bawah tentu mendukung dengan adanya penyederhanaan birokrasi tersebut.

Halaman
12
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved