Breaking News:

Pindah Domisili Tak Perlu Lagi Pengantar RT/RW, Kadisdukcapil Kalbar Beri Penjelasan Penerapannya

Ia mengatakan pada prinsipnya seluruh jajaran Dukcapil di seluruh daerah di Kalbar sudah secara optimal mempedomani regulasi tentang pelayanan adminis

Penulis: Anggita Putri | Editor: Hamdan Darsani
TRIBUNPONTIANAK/Dok Yohanes Budiman
Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Provinsi Kalimantan Barat, Yohanes Budiman. 

TRIBUNPONTIANAK.CO.ID, PONTIANAK - Kini untuk Syarat Pindah Domisili Tak Perlu Surat Pengantar RT/RW hingga desa/kelurahan. Aturan itu mengacu pada Peraturan Presiden (Perpres) 96 Tahun 2018 dan Peraturan Menteri Dalam Negeri (Permendagri) 108 Tahun 2019.

Lalu bagaimana dengan penerapannya di Kalimantan Barat saat ini. Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Provinsi Kalimantan Barat, Yohanes Budiman mengatakan kebikan tersebut dibuat untuk memperpendek birokrasi pengurusan administrasi kependudukan.  

Ia mengatakan pada prinsipnya seluruh jajaran Dukcapil di seluruh daerah di Kalbar sudah secara optimal mempedomani regulasi tentang pelayanan administrasi kependudukan.

Sebagaimana yang telah diatur dalam Perpres Nomor 96 tahun 2018 dan Permendagri 108 tahun 2019. 

Pemkot Pontianak Akan Segera Berikan Vaksinasi Booster dengan Prioritas Lansia

“Pada Perpres ini telah memangkas prosedur dan persyaratan pengurusan dokumen adminduk dengan berbasis konsumen atau costumer base,” ujarnya, Rabu 12 Januari 2022.

Dimana dalam hal pengurusan pindah domisili antar wilayah Kabupaten/Kota bahkan Provinsi sudah tidak mensyaratkan surat pengantar RT/RW atau Kepala Desa.  

[Update Informasi Seputar Kota Pontianak]

Dikatakannya Pemohon hanya datang dan menunjukkan KK saja ke Dukcapil setempat untuk mendapat Surat Keterangan Pindah WNI (SKPWNI) yang akan disampaikan ke Dinas Dukcapil pada kabupaten/kota/provinsi tujuan.

Lanjutnya, Kebijakan ini semata untuk memperpendek birokrasi pengurusan administrasi kependudukan. 

Sehingga masyarakat lebih mudah mendapatkan pelayanan, bukan untuk mengecilkan peran RT dan RW atau Kepala Desa.

Halaman
123
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

Tribun JualBeli
© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved