Breaking News:

39 FKRTL di Kalbar Tandatangani Perjanjian Kerja Sama Pelayanan Kesehatan Program JKN-KIS

Sebanyak 39 Fasilitas Kesehatan Rujukan Tingkat Lanjutan (FKRTL) menandatangani Perjanjian Kerja Sama dengan Badan Penyelenggara Jaminan Sosial....

Editor: Mirna Tribun
TRIBUNFILE/IST
Sebanyak 39 Fasilitas Kesehatan Rujukan Tingkat Lanjutan (FKRTL) menandatangani Perjanjian Kerja Sama dengan Badan Penyelenggara Jaminan Sosial Kesehatan (BPJS Kesehatan) Cabang Pontianak, Kamis 7 Januari 2022. 

TRIBUNPONTIANAK.CO.ID, PONTIANAK - Sebanyak 39 Fasilitas Kesehatan Rujukan Tingkat Lanjutan (FKRTL) menandatangani Perjanjian Kerja Sama dengan Badan Penyelenggara Jaminan Sosial Kesehatan (BPJS Kesehatan) Cabang Pontianak, Kamis 7 Januari 2022.

Kepala BPJS Kesehatan Cabang Pontianak, Adiwan Qodar mengatakan Perjanjian Kerja Sama ini merupakan dasar bagi BPJS Kesehatan dan Fasilitas Kesehatan untuk bersinergi memberikan pelayanan kesehatan bagi Peserta JKN-KIS di Tahun 2022.

"Program JKN-KIS merupakan sebuah ekosistem yang harus dilaksanakan bersama, tidak hanya BPJS Kesehatan akan tetapi dengan seluruh stakeholder terutama pemberi layanan kesehatan. Jika peserta JKN-KIS mendapatkan pelayanan kesehatan yang maksimal pasti akan berdampak kepada pengumpulan iuran dan sustainabilitas Program JKN-KIS," tuturnya.

Sejalan dengan hal tersebut Kepala Bidang Pelayanan Kesehatan Dinas Kesehatan Provinsi Kalimantan Barat, Ferry Safariadi, mengatakan Program Jaminan Kesehatan Nasional sangat diperlukan bagi masyarakat termasuk masyarakat di Provinsi Kalimantan Barat, terutama bagi masyarakat yang saat ini dalam keadaan sakit dan tidak mampu membiayai sendiri pengobatannya.

"Terlebih lagi bagi masyarakat yang memerlukan pengobatan secara rutin seumur hidup, tentunya memerlukan biaya tidak sedikit. Untuk itu Program harus didukung dari berbagai pihak, baik itu kerjasama dari pemerintah, pemberi pelayanan kesehatan, organisasi masyarakat, badan usaha swasta, lembaga pendidikan, dan pihak lainnya," tutur Ferry.

BPJS Ketenagakerjaan Kapuas Hulu di Tahun 2021 Bayar Klaim Peserta Capai Rp17,5 Miliar

Melalui Perjanjian Kerjasama yang sudah ditandatangani Ferry berharap BPJS Kesehatan dan FKRTL dapat saling bersinergi untuk mengoptimalkan pelaksanaan Program JKN-KIS di Provinsi Kalimantan Barat.

Sangat diperlukan sinergitas seluruh perangkat daerah bersama BPJS Kesehatan untuk menyusun langkah strategis dalam mencapai target Universal Health Coverage atau Perlindungan Kesehatan yang menyeluruh bagi seluruh penduduk Provinsi Kalimantan Barat.

"Optimalisasi program Jaminan Kesehatan Nasional ini tidak hanya mencakup jaminan pembiayaan pelayanan kesehatan bagi seluruh Penduduk di Provinsi Kalimantan Barat, tetapi juga peningkatan mutu pelayanan kesehatan baik pelayanan kesehatan tingkat dasar di Puskesmas maupun pelayanan kesehatan tingkat lanjutan di Rumah Sakit," tutup Ferry. (FR/yl).

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved