Breaking News:

KPPAD Minta Jaga Psikologis Anak Saat Laksanakan Vaksinasi Covid-19 di Kalbar

Namun sebelum anak divaksin, dalam hal ini wajib diketahui terlebih dahulu tentang kesehatan tubuh, riwayat penyakit, dan riwayat alergi dari si anak

Penulis: Ferryanto | Editor: Try Juliansyah
TRIBUNPONTIANAK.CO.ID/ NUR IMAM SATRIA
Komisioner KPPAD Provinsi Kalbar Nani Widaryani saat ditemui dikantornya 

TRIBUNPONTIANAK.CO.ID, PONTIANAK - Kabupaten Melawi, Provinsi Kalimantan Barat sudah mulai melaksanakan Vaksinasi kepada anak usia 6 sampai 11 tahun setelah capaian Vaksinasi kepada di daerah tersebut lebih dari 70%.

Komisioner Komisi Perlindungan dan Pengawasan Anak Daerah Kalimantan Barat Nani Widaryani menyambut baik vaksinasi terhadap anak - anak di Kalimantan Barat.

Ia menilai, vaksinasi kepada anak dipandang sangat perlu dalam membentuk kekebalan kelompok terhadap Covid-19 yang hingga saat ini masih menjadi Pandemi, karena anak - anak masuk dalam kelompok rentan.

Secara umum ia sepakat vaksinasi akan membentuk kekebalan kelompok, karena bila target vaksinasi tercapai lebih dari 70% maka resiko penyebaran virus dan penularan akan semakin rendah.

Putra Ketua DPRD Melawi Jadi Penerima Vaksinasi Anak Merdeka Pertama, Faid : Tidak Sakit

Namun harus diperhatikan mengenai screaning kesehatan terlebih dahulu sebelum divaksin. karena negara wajib memberikan hak anak untuk mendapatkan perlindungan kesehatan sehingga terhindar dari terpaparnya Covid-19.

"Namun sebelum anak divaksin, dalam hal ini wajib diketahui terlebih dahulu tentang kesehatan tubuh, riwayat penyakit, dan riwayat alergi dari si anak bila sang anak hendak di vaksin," ujarnya.

Apabila pelayanan vaksinasi akan dilakukan pada anak, ia berharap hendaknya terlebih dahulu petugas menyiapkan perangkat agar anak merasa nyaman untuk divaksin dan tidak alami rasa cemas dan takut yang luar biasa.

Dicontohkannya, penyelenggara dapat menghadirkan tokoh - tokoh kartun dalam film, spot untuk bermain anak, juga melibatkan psikolog untuk bisa memberikan healing agar anak berani.

"dalam proses vaksinasinya,sebaiknya didahulukan untuk proses vaksinasi anak dulu, kalau memang mengenai tempat yang ada tidak ada space yang luas," tuturnya.

"Maka diharapkan, diatur mengenai tempat atau dapat dibuat sistem shift agar secara psikologis anak tidak alami kecemasan yang berlebihan," pungkasnya. (*)

(Simak berita terbaru dari Pontianak)

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

Tribun JualBeli
© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved