Breaking News:

Edi Rusdi Kamtono Akui Pontianak Rentan Tergenang Banjir

"Insya Allah Kota Pontianak aman, apabila terjadi genangan maka air pun akan cepat surut cepat," jelasnya. 

Penulis: Muhammad Rokib | Editor: Try Juliansyah
TRIBUNPONTIANAK.CO.ID/Rokib
Wali Kota Pontianak, Edi Rusdi Kamtono 

TRIBUNPONTIANAK.CO.ID, PONTIANAK - Wali Kota Pontianak Edi Rusdi Kamtono menyampaikan, bahwa Kota Pontianak Kalimantan Barat memang rentan terhadap genangan banjir yang disebabkan oleh air pasang tinggi dan hujan lebat berdurasi lama.

Untuk itu, Edi mengharapkan hal itu dimaklumi.

Namun Edi mengajak kepada masyarakat untuk waspada. Lantaran air pasang tinggi saat ini tertinggi mencapai 1,8 meter. Hal itu lebih tinggi dari air pasang pada Desember 2021 kemarin yang hanya 1,7 meter.

Hanya saja air pasang pada Januari 2022 ini kata Edi tidak disertai gelombang laut berbeda pada Desember 2021 kemarin air pasang disertai gelombang laut dan angin.

Indeks Daya Saing Pontianak 15 Besar Kota Tertinggi di Indonesia

"Sehun yang kita antisipasi ini adalah cuaca saja, karena kalau air pasang ini gravitasi bulan dan bumi. Kalau cuacanya mendukung tidak hujan lebat dan tidak disertai angin kencang," ujarnya, Kamis 6 Januari 2022.

"Insya Allah Kota Pontianak aman, apabila terjadi genangan maka air pun akan cepat surut cepat," jelasnya. 

Edi mengatakan, bahwa yang dikhawatirkan bencana alam seperti angin puting beliung yang bisa merusak fasilitas sehingga warga harus tetap waspada.

"Saat ini bisa lebih mudah untuk mengetahui prakiraan cuaca, karena sudah ada ramalan BMKG sehingga bisa tau jam berapa pasang dan surut dan cuacanya seperti apa. Dan kita sudah mempunyai mitigasi bencana di BPBD sudah terpetakan," katanya.

Dalam upaya untuk mengantisipasi terjadinya banjir, kata Edi, seperti melihat eksisting infrastruktur Kota Pontianak dengan meninggikan jalan yang berdasarkan ramalan cuaca dari BMKG.

Seperti air pasang dan curah hujan. Kemudian juga berdasarkan pengalaman ketinggian genangan seperti di Desember 202 kemarin.

Halaman
12
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved