Breaking News:

Baru Tercover 4 Persen, BPJamsostek Bidik Pekerja Bukan Penerima Upah di Kalbar

Iurannya hanya Rp 16.800 per bulan untuk dua program tersebut. Atau sekitar Rp 201.600 setahunnya.

Penulis: Nina Soraya | Editor: Nina Soraya
TRIBUN PONTIANAK/DESTRIADI YUNAS JUMASANI
Kepala Bidang Kepesertaan Khusus BPJamsostek Pontianak, Yadi Hadrianto (kiri) memberikan pemaparan terkait fokus BPJamsostek Pontianak tahun depan adalah merangkul pekerja bukan penerima upah. Hal ini ia sampaikan dalam Media Gathering with BPJamsostek Pontianak, di Hotel Maestro Pontianak, Senin 27 Desember 2021. 

TRIBUNPONTIANAK.CO.ID, PONTIANAK - Kepala Bidang Kepesertaan Khusus BPJamsostek Pontianak, Yadi Hadrianto, menjelaskan untuk tahun 2022 selain akan menjalankan program Jaminan Kehilangan Pekerjaan (JKP), maka fokus BPJamsostek adalah untuk menyasar pekerja bukan penerima upah.

“Karena saat ini jumlah pekerja bukan penerima upah yang tercover baru 4 persen di Kalbar atau sekitar 33.624 pekerja,” ungkap Yadi.

Menurutnya persyaratan untuk ketegori usia di bawah 65 tahun.

Program Jaminan Kehilangan Pekerjaan Akan Mulai Dilaksanakan Februari 2022

Sementara untuk pekerja bukan penerima upah ini hanya diperlukan mengikuti dua program saja yakni Jaminan Kecelakaan Kerja dan Jaminan Kematian.

Iurannya hanya Rp 16.800 per bulan untuk dua program tersebut.

Atau sekitar Rp 201.600 setahunnya.

Namun, jika mereka ingin ikut program Jaminan Hari Tua hanya tinggal menambah iuran Rp 20.000.

“Kita juga membuat kerjasama dengan PT Pos untuk memperluas kanal pembayaran, mengingat PT Pos ini ada di pelosok-pelosok sehingga membantu peserta dalam membayara iuran kepesertaan,” ujarnya. 

Sementara itu terkait program JKP BPJS Ketenagakerjaan merupakan program jaminan sosial untuk para pekerja/buruh yang terkena pemutusan hubungan kerja (PHK).

Hal ini sudah diatur dalam Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 37 Tahun 2021 tentang Penyelenggaraan Program Jaminan Kehilangan Pekerjaan.

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved