Amerika Serikat Telah Donasikan Lebih dari 25 Juta Vaksin ke Indonesia

Dengan pengiriman tambahan 7.052.760 dosis vaksin Pfizer kepada Indonesia, sampai saat ini Amerika Serikat telah menyumbangkan lebih dari 25 juta

Penulis: Stefanus Akim | Editor: Stefanus Akim
IST
Menteri Luar Negeri AS Antony Blinken 

TRIBUNPONTIANAK.CO.ID, JAKARTA - Dengan pengiriman tambahan 7.052.760 dosis vaksin Pfizer kepada Indonesia, sampai saat ini Amerika Serikat telah menyumbangkan lebih dari 25 juta vaksin yang aman dan efektif untuk Indonesia. Semua proses bekerja sama dengan COVAX, UNICEF, dan Pemerintah Indonesia.

Sumbangan terbaru sebanyak tujuh juta dosis tiba di Bandara Internasional Soekarno-Hatta di Jakarta dalam empat tahap pengiriman mulai hari Minggu, 12 Desember 2021 hingga Selasa, 14 Desember 2021.

“Setelah pertemuan yang sangat produktif antara Presiden Biden dan Presiden Jokowi beberapa minggu lalu di Glasgow, Presiden Biden meminta saya datang ke sini untuk memajukan kerja sama kita dalam sejumlah isu kritis,” kata Menteri Luar Negeri AS Antony Blinken, dalam rilis yang dikirim Kedutaan Besar Amerika Serikat di Jakarta, Jumat, 17 Desember 2021.

Antony Blinken menambahkan, “Hal ini termasuk upaya menghentikan pandemi COVID-19. Amerika Serikat telah menyumbangkan lebih dari 25 juta vaksin ke Indonesia.”

Dengan total komitmen sebesar empat miliar dolar, Amerika Serikat juga menjadi negara donor terbesar bagi COVAX, yang telah membantu Gavi memfasilitasi donasi total lebih dari 51,7 juta dosis vaksin kepada Indonesia. Amerika Serikat membantu Pemerintah Indonesia mengubah dosis-dosis vaksin tersebutmenjadi kegiatan vaksinasi dengan mendukung tempat-tempat vaksinasi, melatih petugas kesehatan, mendukung logistik distribusi vaksin, serta memerangi misinformasi dan disinformasi.

VAKSIN - Sejumlah vaksin moderna dari Amerika Serikat yang tiba di Indonesia, beberapa waktu lalu.
VAKSIN MODERNA - Sejumlah vaksin moderna dari Amerika Serikat yang tiba di Indonesia, beberapa waktu lalu. (IST/Kementerian Komunikasi dan Informatika RI)

“Kami juga bekerja sama dengan Indonesia untuk mendorong pemulihan ekonomi yang kokoh pasca-COVID,” demikian kata Menlu Blinken. “Sesuai arahan Presiden Biden, kami sedang mengembangkan kerangka kerja ekonomi Indo-Pasifik yang komprehensif dan mencakup perdagangan, ekonomi digital, teknologi, rantai pasokan yang tangguh, dekarbonisasi dan energi bersih, investasi infrastruktur, standar pekerja, dan bidang-bidang lain yang menjadi perhatian bersama.”

Amerika Serikat menyumbangkan total 1,2 miliar vaksin COVID-19 yang aman dan efektif ke negara-negara berpenghasilan rendah dan menengah ke bawah di seluruh dunia. Sejauh ini, Amerika Serikat telah mengirimkan 300 juta dosis vaksin COVID-19 tanpa pamrih dan telah berjanji untuk memberikan 200 juta dosis lagi hingga Maret 2022.

Sejak awal pandemi, pemerintah AS telah memberikan komitmen lebih dari 77 juta dolar untuk mendukung respons COVID-19 di Indonesia, yang akan menambah lebih dari 1 miliar dolar dalam bentuk bantuan terkait kesehatan selama dua dekade terakhir. Sejak Maret 2020, dukungan AS telah menjangkau lebih dari 165 juta orang di Indonesia—60 persen dari seluruh penduduk Indonesia. Amerika Serikat juga telah membantu sekitar 44.000 petugas kesehatan garis depan dan memperkuat lebih dari 1.400 rumah sakit dan klinik di berbagai tempat di Indonesia.

  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    berita POPULER

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved