TERJAWAB Benda Seperti Kapal di Perbatasan Singkawang Bengkayang Merupakan Mesin Pengolahan Emas

Nadin menjelaskan, pada tahun 2008 lalu, terdapat 111 perusahaan tambang yang di putus kontrak oleh pemerintah melalui departemen ESDM.

Penulis: Rizki Kurnia | Editor: Hamdan Darsani
TRIBUNPONTIANAK.CO.ID/Istimewa
benda berbahan besi dan baja menyerupai kapal ditemukan penambang di wilayah perbatasan Bengkayang-Singkawang. /Istimewa. 

TRIBUNPONTIANAK.CO.ID, SINGKAWANG - Seorang warga Goaboma, Kabupaten Bengkayang, Nadin mengatakan, terkait penemuan benda menyerupai kapal yang di temukan di lokasi tambang tersebut bukanlah merupakan bangkai kapal peninggalan Inggris.

Ia mengatakan, benda tersebut merupakan mesin pengolahan emas milik Moterado Mas Mining yang di tutup pemerintah melalui Departemen ESDM pada 14 maret 2008 lalu.

"Secara logika jika benda tersebut merupakan bangkai kapal, apa mungkin kapal di situ?. Apa lagi lokasi tersebut merupakan dataran Tinggi," katanya.

Disikbud Singkawang Segera Teliti Benda Mirip Kapal di Batas Sagatani - Menterado

Nadin menjelaskan, pada tahun 2008 lalu, terdapat 111 perusahaan tambang yang di putus kontrak oleh pemerintah melalui departemen ESDM, satu diantaranya adalah Moterado Mas Mining.

"Mungkin ini salah satu alat penambang emas yang ditinggal perusahaan tersebut. Bukan bangkai kapal," tukasnya. 

Diberitakan sebelumnya, sejumlah penambang di perbatasan antara Monterado Kabupaten Bengkayang dan Kelurahan Sagatani Kota Singkawang menemukan benda raksasa diduga kapal yang tertimbun di dalam tanah.

Penemuan benda berukuran besar menyerupai kapal tersebut berada berberapa meter dibawah tanah yang bercampur pasir.

Belum diketahui pasti benda tersebut, namun, berdasarkan sumber yang tidak ingin disebut identitasnya mengatakan, benda tersebut terbuat dari kontruksi besi dan baja, dengan panjang kurang lebih 20 meter dan lebar 15 meter.

"Kalau dilihat sekilas, mirip seperti kapal," kata sumber tersebut.

Hingga saat ini, sebagian besar badan benda menyerupai kapal tersebut masih tertimbun tanah.

Penemuan benda menyerupai kapal tersebut terbilang cukup unik, pasalnya, wilayah perbatasan Bengkayang-Singkawang tersebut berada sangat jauh dari pesisir pantai. (*)

[Update Informasi Seputar Kota Singkawang]

  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved