Breaking News:

Syarifah Liza Putri Sriyati Alkadrie Terpilih sebagai Duta HIV/AIDS Provinsi Kalbar 2022

Maka dari itu dirinya ingin sekali mendobrak mitos dimasyarakat, bahwa HIV dapat ditularkan dengan bersalaman, berpelukan ataupun makan dan minum seca

Penulis: Anggita Putri | Editor: Rivaldi Ade Musliadi
TRIBUNPONTIANAK/ISTIMEWA/Dok. Pribadi Syarifah Liza Putri Sriyati Alkadrie
Syarifah Liza Putri Sriyati Alkadrie Terpilih sebagai Duta HIV AIDS Provinsi Kalbar 2022. 

TRIBUNPONTIANAK.CO.ID, PONTIANAK - Syarifah Liza Putri Sriyati Alkadrie berhasil terpilih menjadi Duta HIV AIDS Provinsi Kalimantan Barat tahun 2022.

Syarifah menyampaikan hal yang paling memotivasi dirinya mengikuti ajang pemilihan Duta HIV/ AIDS Provinsi Kalbar adalah ketika secara tidak sadar, ia sering sekali bertemu, berpelukan, bersalaman dengan orang yang sudah positif terinfeksi HIV sejak tahun 2004.

“Dimana saya mulai menjalani terapi ( ART) pada tahun 2006. Saya sangat bangga karna tidak menstigma diri sendiri, dan berhasil memiliki keluarga yang sangat harmonis,” ujarnya kemarin.

Maka dari itu dirinya ingin sekali mendobrak mitos dimasyarakat, bahwa HIV dapat ditularkan dengan bersalaman, berpelukan ataupun makan dan minum secara bergantian ditempat yang sama, bahwa itu semua tidaklah benar.

Karna HIV sendiri hanya dapat ditularkan melalui 4 cairan ( darah, cairan sperma, cairan vagina, dan air susu ibu yang positif kepada anaknya ),”ujarnya.

Dikatakannya sebelum mengikuti pemilihan Duta HIV AIDS Provinsi Kalbar dimana ia sudah melalui proses latihan terlebih dahulu.

“Jadi selama 1 bulan terakhir saya fokus belajar mengenai apa itu HIV / AIDS, bagaimana kasus yang sedang berkembang dimasyarakat sekarang,”ujarnya.

Baca juga: Hari AIDS Sedunia, Mardiana Imbau Orang Tua Edukasi dan Awasi Anak Jauhi Seks Bebas dan Narkotika

Ia menyiapkan degan latihan secara mandiri, dari mulai bagaimana cara berpenampilan, berprilaku, berbicara didepan publik maupun wawasan mengenai HIV / AIDS.

“Banyak sekali sumber yang dapat saya dapatkan dengan mudah di-internet, yang memudahkan saya untuk belajar ketiga poin tersebut,”ungkapnya.

Ia juga mendapatkan mendapat dukungan yang sangat positif serta doa dari orang terdekat selama pemilihan Duta HIV AIDS Provinsi Kalbar.

Halaman
1234
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved