Libatkan 250 Penari Sajikan Tarian Kolosal pada Pembukaan MTQ Provinsi Kalbar di Kabupaten Sintang

Tarian kolosal dengan tema Gema Senandung Kitabullah di Bumi Senentang, tersebut akan ditampilkan pada malam pembukaan MTQ pada 11 Desember 2021. 

Penulis: Agus Pujianto | Editor: Hamdan Darsani
TRIBUNPONTIANAK/Prokopim Sintang
Tarian kolosal akan ditampilkan dalam opening ceremony Musabaqah Tilawatil Quran ke-XXIX tingkat Provinsi Kalimantan Barat tahun 2021 di Stadion Baning, Kabupaten Sintang. Tarian kolosal dengan tema Gema Senandung Kitabullah di Bumi Senentang, tersebut akan ditampilkan pada malam pembukaan MTQ pada 11 Desember 2021. 

TRIBUNPONTIANAK.CO.ID,SINTANG - Tarian kolosal akan ditampilkan dalam opening ceremony Musabaqah Tilawatil Quran ke-XXIX tingkat Provinsi Kalimantan Barat tahun 2021 di Stadion Baning, Kabupaten Sintang

Tarian kolosal dengan tema Gema Senandung Kitabullah di Bumi Senentang, tersebut akan ditampilkan pada malam pembukaan MTQ pada 11 Desember 2021. 

“Tarian ini merupakan penggabungan antara tarian secara langsung dengan multimedia dimana total durasi penampilan para penari ini nantinya pada saat pembukaan MTQ selama 36 menit,” kata  Anggota Panitia MTQ Bidang Kesenian, koordinator lapangan tarian, Mitra Cahyadi, Minggu 5 Desember 2021. 

Akan Diresmikan Presiden Jokowi, Bandara Tebelian Sintang Akan Dihiasi Ornamen Lokal

Total ada 250 orang yang terlibat dalam tarian kolosal pada pembukaan MTQ. Mereka merupakan penari dari sekolah Madrasah Aliyah Negeri Sintang, sekolah Nurul Maarif Sintang, dan STAIMA. Rinciannya: 100 orang pria dan 150 wanita

“Kita sudah berlatih sejak kurang lebih 2 bulan, sejak pertengahan Oktober 2021. Awalnya kita berlatih itu untuk mempersiapkan pembukaan MTQ pada jadwal semula di November 2021, ternyata pelaksanaan MTQ di undur menjadi 11-17 Desember 2021, dengan mundurnya pelaksanaan MTQ tersebut, kita semakin mematangkan persiapan tarian ini, dengan harapan agar kita bisa maksimal dalam menampilkan tarian Gema Senandung Kitabullah di Bumi Senentang di hadapan seluruh tamu undangan yang hadir nantinya,” kata Mitra.  

Mitra Cahyadi menjelaskan, makna terkandung dalam tema yang diusung pada pelaksanaan MTQ ke-XXIX tingkat Provinsi Kalbar tahun 2021 di Sintang, Gema Senandung Kitabullah di Bumi Senentang yang berarti gema syiar islam di Bumi Senentang dengan menekankan semangat persatuan dan kesatuan. 

“Mengingat bahwa Sintang ini merupakan rumah besar bagi seluruh komponen bangsa yang ada di Sintang, jadi kita angkatlah tema tersebut untuk menjaga keharmonisan, persatuan dan kesatuan agar kita semua tetap terjaga dalam keberagaman, itu maknanya," ujarnya.

"Kami sudah berlatih, dan persentase kesiapannya kurang lebih 70%, sisanya kita harus mempersiapkan kostum yang akan digunakan, dan nanti kita akan gladi perkiraan ditanggal 6 atau 8 Desember 2021, untuk mematangkan lagi yang disinkronkan dengan multimedia,” beber Mitra. (*)

  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved