Musda ke-II DPD HPI Sekaligus Launching Perda Pramuwisata Kalbar

Ketua Panitia Musda, Yudi Firmansyah menyampaikan Musda kali ini mengangkat  tema 'Kita tingkatkan sinergitas dan Kolaborasi dalam pembangunan pariwis

Penulis: Muhammad Rokib | Editor: Hamdan Darsani
TRIBUNPONTIANAK/ISTIMEWA
pembukaan musda ke-II DPD HPI Kalbar tahun 2021 sekaligus launching Perda nomor 1 tahun 2020 tentang Pramuwisata Kalbar, di hotel golden Tulip Pontianak Kalbar. 

TRIBUNPONTIANAK.CO.ID,PONTIANAK - Musyawarah Daerah ke-II DPD Himpunan Pramuwisata Indonesia (HPI) Kalimantan Barat sekaligus Launching Perda nomor 1 Tahun 2020 tentang Pramuwisata Kalbar. 

Kegiatan tersebut  dihadiri oleh Gubernur Kalimantan Barat H. Sutarmidji sekaligus membuak acara dan melaunching Perda nomor 1 tahun 2020 tentang Pramuwisata Kalbar, di hotel golden Tulip Pontianak Kalimantan Barat pada Rabu 1 Desember 2021. Selain itu, juga dihadiri oleh Walikota Pontianak Edi Rusdi Kamtono, Kadisporapar Kalbar Windy Prihastari, forkopimda Kalbar dan berbagai pihak lainnya. 

Ketua Panitia Musda, Yudi Firmansyah menyampaikan Musda kali ini mengangkat  tema 'Kita tingkatkan sinergitas dan Kolaborasi dalam pembangunan pariwisata Kalimantan Barat'. 

Dirinya berterimakasih kepada semua pihak yang telah mendukung sukses terselenggaranya musda tersebut. 

Bobol Warung Makan, Pemuda Pengangguran di Pontianak Diringkus Polisi

"Selama ini HPI, Alhamdulillah sudah dikenal dan bekerja sama dengan Kabupaten/Kota. HPI dalam hal ini juga berkolaborasi dengan Disporapar, terima kasih kepada semua pihak yang telah hadir dan membantu," ujarnya. 

Ketua DPD HPI Kalbar, Juniardi Saktiawan menerangkan, DPD HPI Kalbar telah terbentuk sejak tahun 2008 silam, kemudian diakuinya sempat agak fakum pada tahun 2016. Namun setelah tahun 2016 itu, DPD HPI Kalbar menggelar Musda pertama. 

"Seiring dengan perkembangan perjalanan HPI. Kami memang ingin memiliki payung hukum dan Alhamdulillah terima kasih kepada Disporapar yang telah menginisiasi Perda Pramuwisata ini, " ujarnya.

Ia menerangkan, dengan adanya Perda Pramuwisata di Kalbar ini menjadi Provinsi pertama di zona Kalimantan bagi DPD HPI yang memiliki payung hukum. Sedangkan di Indonesia, kata dia, Kalbar menjadi Provinsi ke-5 dari Provinsi Bali, NTB, Jateng dan Jogjakarta . 

"Ini menjadi inspirasi bagi Provinsi lainnya untuk membuat Perda Pramuwisata seperti di Kalimantan Timur, " ungkapnya. 

Pembuatan Perda tersebut kata dia, tidak terlepas dari dukungan semua pihak. 

"Kami berterima kasih begitu mendalam atas semuanya yang telah mendukung sehingga DPD HPI Kalbar memiliki Perda nomor 1 Pramuwisata, " katanya. 

Kedepan ia berharap bisa terus mendapatkan dukungan dari semua pihak dalam mengembangkan Pramuwisata di Kalbar sehingga bisa dikenal banyak daerah dan mancanegara. 

"Kedepannya akan ada banyak desa wisata, " ucapnya. 

Sementara itu, Gubernur Kalbar Sutarmidji menyampaikan, bahwa kehadiran pariwisata menjadi pilihan dalam menyediakan lapangan pekerjaan maupun perubahan dan pertumbuhan ekonomi untuk daerah-daerah tertentu sehingga Pramuwisata bisa mengambil peluang itu. 

Halaman
12
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    berita POPULER

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved