Breaking News:

'Bkunjong' ke Taman Bacaan Masyarakat, Innovasi Bersilaturahmi dan Asa Berliterasi

Para pengelola TBM, direncanakan akan turun Bkunjong pada minggu ketiga atw keempat setiap bulannya.

Editor: Hamdan Darsani
TRIBUNPONTIANAK/Dokumentasi Ahmad Sofian
Untuk menjaga silaturahim dan semangat kegiatan literasi. Pegiat, Pengelola, Pengurus Daerah Forum Taman Bacaan Masyarakat (TBM) Kabupaten Kubu Raya gelar ‘Bkunjong ke TBM’ setiap bulan. 

Citizen Reporter
Ahmad Sofian

TRIBUNPONTIANAK.CO.ID, KUBU RAYA - Bkunjong, dalam bahasan indonesia adalah ‘berkunjung’. Bkunjong, menjadi kegiatan yang dihelat para pengelola Taman Bacaan Masyarakat (TBM) di Kubu Raya. Untuk saling mengunjungi, saling membantu, membuat kegiatan di TBM-TBM yang ada di seantero Kabupaten Kubu Raya.

Tercatat setidaknya ada 22 TBM yang tersebar di Kabupaten termuda di Kalimantan Barat itu. Para pengelola TBM, direncanakan akan turun Bkunjong pada minggu ketiga atw keempat setiap bulannya. Tidak hanya pengelola TBM semata.

Dalam kegiatan ini juga mengajak para pegiat literasi, relawan,  pihak-pihak lain yang memiliki kesempatan untuk ikut bersama-sama.

Selain untuk mempererat silaturahmi antara pengelola TBM dengan saling kunjung. Dalam kegiatan ini juga dilakukan membacakan buku, bercerita, mendongeng dan games interaktif untuk anak-anak. Membantu pengelolaan TBM, beres-beres bahan bacaan,  katalogisasi bagi pengelola TBM dan lainnya. Tak ketinggalan penyampaian infomasi tentang literasi, dan pelatihan bagi remaja maupun masyarakat sekitar nantinya. 

Pelaku Perampokan di Kubu Raya Tertangkap, Kapolres Ungkap Pelaku Sempat Matikan Listrik dan CCTV

‘Kegiatan seperti ini walau pun sederhana nampaknya, namun sesunguhnya akan berdampak besar. Antara sesama pengelola TBM dan lainnya bisa saling bersilaturahmi, saling bantu dan menjaga semangat untuk berkegiatan literasi bersama. Ini juga sebagai upaya meningkatkan ukhuwah literasi. Mengubah aku menjadi kita dalam berliterasi’ ujar Ahmad Sofian.

Pada kesempatan pertama, dibulan November. Kegiatan Bkunjong menyambangi TBM Khadijah di jalan Wonodadi 2 no.22 Desa Arang Limbung, Kecamatan Sungai Raya.  Sejumlah pengelola TBM, pegiat literasi nampak bersemangat. Tak kalah antusias anak-anak dari usia paud hingga sekolah dasar.

Setelah acara dibuka oleh Fery Adinata, sebagai pengelola TBM dan tuan rumah. Kemudian anak-anak di ajak berinteraksi oleh Agus Wahyudi, pengelola Pengelola TBM Merdeka Desa Sungai Radak Dua kecamatan Terentang yang juga Ketua Pengurus Daerah Forum TBM Kubu Raya.

Dilanjutkan dengan menyampaikan cerita. Awalnya ada beberapa pilihan cerita yang akan dibacakan atau didongengkan. Sebagai upaya berinterkasi, anak-anak diberi pilihan untuk memilih bahan yang telah disediakan.

Terbukti, antusias dan semangat mereka bertambah. Bahkan gaduh seketika. Ada yang memilih ini, tak sedikit yang memilih itu. Selain meningkatkan partisipasi dan menjaga antusias.

Halaman
12
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved