Breaking News:

39 Orang CPNS Kabupaten Sintang Ikuti Pendidikan Latihan Dasar

Yustinus menyampaikan bahwa mewujudkan birokrasi kelas dunia sudah selaras dengan visi dan misi Bupati Sintang dan upaya untuk mewujudkan prime mover

Penulis: Agus Pujianto | Editor: Hamdan Darsani
TRIBUNPONTIANAK/Prokopim
Sebanyak 39 orang Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) mengikuti Pendidikan Latihan Dasar (Latsar) golongan II dan golongan III angkatan 6 di Lingkungan Pemerintah Kabupaten Sintang. Latsar dibuka oleh oleh Asisten Perekonomian dan Pembangunan Yustinus, di Aula Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia Kabupaten Sintang pada Senin, 29 November 2021. 

TRIBUNPONTIANAK.CO.ID,SINTANG - Sebanyak 39 orang Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) mengikuti Pendidikan Latihan Dasar (Latsar) golongan II dan golongan III angkatan 6 di Lingkungan Pemerintah Kabupaten Sintang.

Latsar dibuka oleh oleh Asisten Perekonomian dan Pembangunan Yustinus, di Aula Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia Kabupaten Sintang pada Senin, 29 November 2021.

Dalam arahannya, Yustinus menyampaikan bahwa mewujudkan birokrasi kelas dunia sudah selaras dengan visi dan misi Bupati Sintang dan upaya untuk mewujudkan prime mover yang salah satunya adalah menata dan mengembangkan manajemen pemerintah daerah yang sesuai dengan prinsip tata kelola pemerintahan yang baik dan bersih.

Kondisi Sintang Kembali Normal, Dandim Sintang Lepas Marinir dan Armed Kembali ke Satuan

Pemerintahan yang baik dan bersih tersebut dapat dibangun salah satunya dengan memperhatikan aspek sumber daya aparatur.

Yustinus menegaskan, sumber daya memegang peranan penting dalam keberlangsungan organisasi. Demikian juga dalam pemerintahan, sumber daya aparatur begitu berperan penting dalam menggerakkan roda pemerintahan.

"Apabila didukung dengan sumber daya aparatur yang berkarakter, berkompeten dan profesional, tentu tujuan prime mover yang dicanangkan dapat dicapai. Para peserta pelatihan dasar CPNS inilah yang akan menjadi tunas-tunas baru dalam memberikan nuansa baru dalam budaya organisasi dan diharapkan menjadi katalisator dalam progres pembangunan Kabupaten Sintang,” kata Yustinus.

Menurut Yustinus, urgensi dari membentuk sumber daya aparatur yang berkarakter, berkompeten, dan profesional, tidak ada batas untuk melakukan pengembangan diri dalam meningkatkan kualitas diri.

Bukan berarti setelah usai mengikuti pelatihan dasar CPNS maka selesai pula untuk meningkatkan potensi diri.

"Tidak ada kata berhenti untuk menjadi pribadi yang lebih baik. Saya berpesan kepada peserta latsar agar bersikaplah profesionalisme, untuk memberikan kinerja yang berkualitas, dengan output kerja yang memuaskan bagi masyarakat. Berikanlah solusi terbaik yang strategik dan aktual atas kebdakan dan permasalahan yang muncul," ujarnya.

"Bekerjalah dengan solid dan sinergis di berbagai lapisan penugasan. Jadilah untuk lebih inovatif, kreatif dan responsif terhadap berbagai keadaan. Meningkatan pelayanan prima sebagai bentuk pengabdian kepada masyarakat,” pesan Yustinus.

Kepala Badan Pengembangan dan Sumber Daya Manusia Kabupaten Sintang, Witarso menyampaikan sesuai dengan Keputusan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara & Repformasi Birokrasi, bahwa untuk Kabupaten Sintang telah ditetapkan alokasi kelulusan CPNS formasi tahun 2019 sebanyak 239 CPNS yang terdiri dari 238 CPNS dari formasi umum, dan 1 orang dari tugas belajar ikatan Dinas Perhubungan.

Dari 239 orang terdiri atas tenaga fungsional kesehatan 58 orang, tenaga fungsional pendidikan 81 orang, tenaga teknis lainnya 100 orang.

"Dari 239 itu, ada 90 orang pria dan 149 orang wanita. Karena jumlhanya banyak, Latsar kami bagi ke dalam 6 angkatan. Kami juga melaksanakan latsar dengan menggunakan metode blended learning yang terdiri dari pembelajaran mandiri secara daring, pembelajaran distance learning melalui e-learning dan aktualisasi dilaksanakan di masing-masing unit kerja peserta, dan pembelajaran klasikal atau dilaksanakan di instansi penyelenggara," ujar Witarso. (*)

[Update informasi Seputar Kabupaten Sintang]

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved