Breaking News:

Pemkab Mempawah Gelar Pembinaan Peningkatan Kapasitas Aparatur Desa

Menurut laporan yang disampikan oleh Kepala Dinsos PPPA PMPD, Burhan menyampaikan tujuan diadakannya kegiatan tersebut adalah untuk mendorong pemerint

Penulis: Ramadhan | Editor: Hamdan Darsani
TRIBUNPONTIANAK/ Dok. Humas Pemkab Mempawah
Pemerintah Kabupaten Mempawah melalui Dinas Sosial PPPA PMPD menggelar Pembinaan Peningkatan Kapasitas Aparatur Desa dalam Pelaksanaan Penetapan dan Penegasan Batas Administrasi Desa, Kamis 25 November 2021. 

TRIBUNPONTIANAK.CO.ID, MEMPAWAH - Menindaklanjuti Instruksi Ditjen Bina Pemerintahan Desa Kemendagri untuk percepatan penegasan batas desa tahun 2021 sampai dengan tahun 2023, melalui pelaksanaan kebijakan satu peta pada tingkat skala 1 : 50.000.

Pemerintah Kabupaten Mempawah melalui Dinas Sosial PPPA PMPD menggelar Pembinaan Peningkatan Kapasitas Aparatur Desa dalam Pelaksanaan Penetapan dan Penegasan Batas Administrasi Desa.

Bertempat di Balairung Setia Kantor Bupati Mempawah, Kamis 25 November 2021 kemarin.

Menurut laporan yang disampikan oleh Kepala Dinsos PPPA PMPD, Burhan menyampaikan tujuan diadakannya kegiatan tersebut adalah untuk mendorong pemerintah desa dalam penyelesaian penegasan batas wilayah masing-masing desa.

Masjid Agung Al-Falah Mempawah Diresmikan Mantan Wakil Presiden RI Jusuf Kalla

Meningkatkan pengetahuan aparatur pemerintah desa dalam melaksanakan penetapan dan penegasan batas desa dengan tertib administrasi pemerintahan.

"Serta meningkatkan keterampilan aparatur pemerintah desa tentang pedoman-pedoman penetapan dan penegasan batas desa sesuai peraturan yang berlaku," katanya, Jumat 26 November 2021.

Lebih lanjut Bupati Mempawah, Erlina juga mengatakan penetapan dan penegasan batas administrasi wilayah termasuk pada tingkat desa memiliki makna penting, terutama terkait kepastian hukum batas wilayah, luasan wilayah, potensi yang ada, serta kebijakan yang akan diambil dalam mengelola wilayah, bagi kesejahteraan dan kemajuan desa.

“Batas desa tentunya menjadi basis atau dasar perencanaan desa. Dengan adanya informasi mengenai batas desa yang jelas, kita lebih mudah mengetahui data sosial ekonomi desa kita masing-masing,” ujarnya.

Erlina berharap melalui kegiatan peningkatan kapasitas aparatur pemerintah desa, dapat mendorong desa-desa untuk penyelesaian batas administrasi desanya masing-masing sesuai target yang telah ditetapkan pemerintah pusat.

“Perlu saya ingatkan dan tegaskan kepada seluruh kepala desa untuk selalu berkoordinasi terkait seluruh aspek penyelenggaraan pemerintahan desa dengan camat sebagai pembina langsung di tingkat desa dan perangkat daerah yang menangani pemerintahan desa,” terang Erlina. (*)

[Update Informasi Seputar Kabupaten Mempawah]

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved