Breaking News:

Daftarkan Varietas Lokal Kopi Liberika ke Dinas Pertanian, Iwan : Perkuat Identitas Kopi KKU ❗

Iwan mengungkapkan, bahwa tahapan pendaftaran ini di Dinas Pertanian Kabupaten Kayong Utara atas usulan yang diajukan masyarakat petani kopi Kayong Ut

Penulis: Jovi Lasta | Editor: Hamdan Darsani
TRIBUNPONTIANAK/Jovi Lasta
Gusti Iwan Darmawan seorang Pendamping Petani Kopi Kayong Utara, bersama petani Kopi Desa Podorukun, Kecamatan Seponti, Kabupaten Kayong Utara, Provinsi Kalimantan Barat. Jumat 26 November 2021. 

TRIBUNPONTIANAK.CO.ID, KAYONG UTARA - Pendamping Petani Kopi Kayong Utara, juga merupakan Penggiat Kopi Kalimantan Barat, Gusti Iwan Darmawan menyampaikan bahwa pendaftaran Kopi Liberika ini untuk melindungi kopi yang telah dibudidayakan masyarakat setempat yakni di Desa Podorukun, Kecamatan Seponti, Kabupaten Kayong Utara.

Iwan mengungkapkan, bahwa tahapan pendaftaran ini di Dinas Pertanian Kabupaten Kayong Utara atas usulan yang diajukan masyarakat petani kopi Kayong Utara yakni kelompok tani Cahaya Kayong Seponti.

“Tentunya berdasarkan hasil observasi dan analisa morfologi tanaman kopi liberika yang telah dibudidayakan masyarakat sejak puluhan tahun lalu,” beber Iwan, Kamis 25 November 2021.

Bupati Kayong Utara Sebut Pemenuhan Hak Anak Harus yang Terbaik

Lebih lanjut, Dia menyebut dari varietas kopi liberika ini untuk melindungi kopi yang telah dibudidayakan masyarakat.

“Pendaftaran varietas lokal kopi Liberika ini bertujuan, melindungi kopi Liberika yang telah dibudidayakan masyarakat," kata Dia.

"Disamping itu masyarakat Kayong Utara sudah tidak perlu bingung lagi, mau memilih dan mengembangkan kopi pada lahannya," tambah Penggiat Kopi Kalimantan Barat.

Mengenai hal tersebut, Dirinya menilai hal ini mempunyai tujuan yaitu memperkuat identitas kopi khas daerah Kayong Utara, dan juga sumber penghasilan baru masyarakat dengan pembibitan kopi liberika di Kayong Utara. (*)

Update Informasi Seputar Kabupaten Kayong Utara

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved