Breaking News:

Perkembangan Status Desa di Kabupaten Melawi, Dadi Sunarya : 2021 Tambah 15 Desa Mandiri

Perkembangan Status Desa di Melawi, Bupati Melawi Dadi Sunarya Usfa Yusra mengusulkan pada tahun ini (2021) desa mandiri di Kabupaten Melawi bertambah

Penulis: David Nurfianto | Editor: Hamdan Darsani
TRIBUNPONTIANAK/Humas Pemkab Melawi
Bupati Melawi Dadi Sunarya Usfa Yusra 

TRIBUNPONTIANAK.CO.ID, MELAWI - Perkembangan Status Desa di Melawi, Bupati Melawi Dadi Sunarya Usfa Yusra mengusulkan pada tahun ini (2021) desa mandiri di Kabupaten Melawi bertambah sebanyak 15 desa.

Diketahui dari 169 Desa, melawi hanya memiliki 23 Desa Mandiri. Hal inilah yang menjadi fokus Bupati Melawi untuk menambah jumlah desa mandiri, guna meningkatkan kapasitas Pemerintahan Desa se-Melawi.

"Status desa di Melawi yakni Desa Mandiri ada 23 desa, Desa Maju ada 25 desa, Berkembang ada 78 desa dan tertinggal ada 43 desa. Pada 2021 diusulkan bertambah sebanyak 15 desa," ujarnya. Rabu 24 November 2021.

Personel Ops Zebra Polres Melawi Berikan Edukasi Tentang Pengunaan Aplikasi PeduliLindungi

Mengenai anggaran desa, Dadi memaparkan Dana Desa (DD) tahun 2021 sebesar 159,4 miliar dan Alokasi Dana Desa (ADD) sebesar 60 miliar.

“DD tahun ini sebesar 159,4 miliar dan ADD sebesar 60 miliar. Dana bagi hasil pajak sebesar 2,1 miliar dan dana bagi hasil retribusi sebesar 142 juta,” ungkapnya.

Kemudian, Dadi meminta Pemerintah Desa (Pemdes) dan Badan Permusyawaratan Desa (BPD) bisa bersinergi dengan baik. Sehingga penyelenggaraan pemerintahan desa akan berjalan dengan lancar

"Pemdes dan BPD harus bersinergi baik, agar penyelenggaraan pemerintah desa berjalan lancar," tegasnya

Diketahui, Pemerintah Kabupaten Melawi sudah menggelar Rapat Koordinasi peningkatan kapasitas Pemerintahan Desa se-Melawi pada Selasa 23 November 2021 kemarin. Diikuti seluruh camat, Kasi Pembangunan, Kades, serta Ketua BPD se-Melawi. (*)

[Update Informasi Seputar Kabupaten Melawi]

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved