Breaking News:

Kementerian Kominfo Susun Strategi Komunikasi Publik Penanganan COVID-19 Bersama Media di Kalbar

Ketua PWI Kalbar Gusti Yusri, mengatakan bahwa wartawan memiliki dua tugas tambahan selama pandemi berlangsung.

Penulis: Hadi Sudirmansyah | Editor: Try Juliansyah
TRIBUNPONTIANAK.CO.ID/Hadi Sudirmansyah
Kegiatan Survei Persepsi Media Daerah dan Dinas Kominfo Prov Kalimantan Barat terhadap Pemberitaan Penanganan COVID-19 dan Pemulihan Ekonomi Nasional (PCPEN) yang berlangsung di Aula Dinas Kominfo Provinsi Kalimantan Barat, Pontianak, pada Rabu 24 November 2021. 

TRIBUNPONTIANAK.CO.ID, PONTIANAK - Media massa berperan penting dalam komunikasi publik pemerintah karena sebagai penyambung informasi ke masyarakat, terutama dalam upaya penanganan pandemi COVID-19 di Indonesia.

Hal tersebut disampaikan Ketua Tim Survei Kementerian Kominfo, Dimas Aditya Nugraha, dalam kegiatan Survei Persepsi Media Daerah dan Dinas Kominfo Prov Kalimantan Barat terhadap Pemberitaan Penanganan COVID-19 dan Pemulihan Ekonomi Nasional (PCPEN) yang berlangsung di Aula Dinas Kominfo Provinsi Kalimantan Barat, Pontianak, pada Rabu 24 November 2021.

“Survei ini penting untuk mendapatkan masukan dari rekan media terkait apa yang dibutuhkan sehingga informasi dari Media Center KPC PEN bisa diakses dan bisa sampai ke masyarakat,” ujarnya

Pada kesempatan yang sama, Plh Kepala Dinas Kominfo Provinsi Kalimantan Barat, Maria Wijayanti, menyampaikan rasa terima kasih karena telah melibatkan Pemerintah Provinsi Kalimantan Barat dalam kegiatan survei ini.

Cara Mendapatkan Siaran TV Digital Kominfo Lengkap Panduan Cek Sinyal

Menurutnya, Di masa pandemi merupakan situasi kedaruratan kesehatan sehingga diharapkan survei ini dapat menjadi evaluasi untuk membawa perbaikan bagi komunikasi publik pemerintah pusat, pemerintah daerah, dan media massa daerah.

Sementara itu, Ketua Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Provinsi Kalimantan Barat, Gusti Yusri, mengatakan bahwa wartawan memiliki dua tugas tambahan selama pandemi berlangsung.

Pertama adalah menjadi contoh dalam menjalankan protokol Kesehatan, khususnya selama proses peliputan. Kedua, wartawan menjadi salah satu pihak yang menggelorakan semangat masyarakat untuk patuh terhadap protokol kesehatan.

Sebagai informasi, Kementerian Kominfo bersama Komite Penanganan COVID-19 dan Pemulihan Ekonomi Nasional (KPCPEN) saat ini tengah melakukan survei ke 12 provinsi untuk mendapatkan masukan perihal strategi diseminasi informasi dari pemerintah pusat ke media massa daerah tentang penanganan pandemi COVID-19 sehingga dapat tersampaikan kepada masyarakat.

Terkait komunikasi publik, KPC PEN memiliki banyak kanal diseminasi informasi yang dapat diakses kapan saja dan di mana saja oleh media massa, baik nasional maupun daerah.

Salah satunya adalah Forum Merdeka Barat 9 (FMB 9) yang hampir setiap hari menggelar konferensi pers, talkshow, dan penayangan konten seputar penanganan COVID-19. Informasi tersebut dapat diakses melalui situs fmb9.go.id dan kanal youtube FMB9ID_IKP. (*)

(Simak berita terbaru dari Pontianak)

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved