Breaking News:

Gubernur Kalbar Sutarmidji Akan Penuhi Kebutuhan Satgas Batingsor dan Warga Terdampak Banjir Sintang

Selain itu, Gubernur juga menekankan agar setiap daerah harus memiliki database bencana.

Penulis: Agus Pujianto | Editor: Jamadin
TRIBUNPONTIANAK.CO.ID/ Agus Pujianto
Gubernur Kalimantan Barat, Sutarmidji berinteraksi dengan siswa SMKN 1 Sintang. Setelah meninjau kondisi sekolah, Sutarmidji memberikan pengarahan pada Satgas Penanganan Batingsor di pendopo Bupati Sintang.  

TRIBUNPONTIANAK.CO.ID,SINTANG - Gubernur Kalimantan Barat, Sutarmidji meminta agar BPBD menyampaikan kondisi rill di lapangan terkait dengan penanganan banjir di Kabupaten Sintang.

Hal itu ditegaskan Sutarmidji saat memimpin rapat koordinasi bersama dengan Satgas Penangulangan Batingsor di pendopo bupati Sintang, Selasa 23 November 2021.

"BPBD saya minta sampaikan yang sebenarnya. Jangan masalah bencana ada yang disembunyikan. Jangan takut. Itu harus disampaikan, jangan basa basi nyampaikan itu," pesan Midji.

Lebih dari 60 menit Gubernur Kalbar memberikan arahan pada jajaran OPD Pemkab Sintang, yang tergabung dalam Satgas Batingsor.

Sebelum panjang lebar memberikan masukan terkait penanganan banjir, Sutarmidji terlebih dahulu meminta informasi hasil kunjungan Mentri PUPR Basuki beberapa waktu lalu ke Sintang. "Arahan mentri PU kemarin apa," tanya Midji.

Banjir Sintang, PT BHA Salurkan Seribu Paket Sembako untuk Korban Banjir di 6 Desa

Sekretaris Daerah Kabupaten Sintang, Yosepha Hasnah menjawab Mentri PUPR akan membuat penahan banjir sementara dengan membangun Geobag.

Saat ini Geobag kata Yosepha sudah datang dan akan dibangun sepanjang 4 kilometer.

"Selain membangun Geobag, Mentri PUPR juga akan membangun bendungan, waduk, perbaikan jalan lintas Melawi. Geobag sudah datang, tim PUPR sudah survey. Minggu ini sosialisasi bersama dan akan dipasang pada saat banjir surut. Sekitar 4 kilometer panjangnya. Lebih kepada aliran sungai melawi. Ini tahap pertama," kata Yosepha menjawab pertanyaan Gubernur.

Mendengar jawaban Sekda Sintang, Gubernur mempertegas dan bertanya pada kepala BPBD Sintang. "Pak BPBD, kalau (Geobag) dipasang 4 kilo bisa atasi banjir?" Tanya Midji.

"Saya BPBD tidak teknis, tapi menurut saya itu tidak ada pengaruhya," jawab Bernhad Saragih, kepala BPBD Kabupaten Sintang.

Halaman
123
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved