Polsek Manis Mata Tertibkan Pengendara Berknalpot Bising

Kapolsek Manis Mata Iptu Oscar Hardyan menjelaskan, bahwa penertiban kendaraan yang menggunakan knalpot racing dilakukan lantaran melanggar aturan ber

Penulis: Nur Imam Satria | Editor: Hamdan Darsani
TRIBUNPONTIANAK/ Polsek Manis Mata.
Sejumlah remaja yang menggunakan knalpot motor bising ditertibkan oleh anggota Polsek Manis Mata, Polres Ketapang. 

TRIBUNPONTIANAK.CO.ID, KETAPANG - Kepolisian Sektor (Polsek) Manis Mata, Polres Ketapang menggelar razia terhadap sejumlah remaja yang menggunakan knalpot motor bising pada Sabtu 20 November 2021 malam.

Para remaja yang mayoritas pelajar tersebut diberi sanksi pushup dan mengganti ke knalpot standar.

Saat dikonfirmasi, Kapolsek Manis Mata Iptu Oscar Hardyan menjelaskan, bahwa penertiban kendaraan yang menggunakan knalpot racing dilakukan lantaran melanggar aturan berkendaraan juga menimbulkan kebisingan terhadap pengguna jalan maupun warga sekitar.

Suara Dentuman Misterius di Ketapang, Polres Tunggu Tim Penjinak Bom

"Ini rutin kita lakukan demi keamanan, ketertiban dan kenyamanan dalam berkendaraan di jalan raya. Dan ini sudah sering kita sosialisasikan bahwa berkendaralah sesuai aturan yang berlaku," kata Oscar, Selasa 23 November 2021.

Oscar melanjutkan, kalau dari razia tersebut pihaknya berhasil mengamankan beberapa sepeda motor yang menggunakan knalpot bising dan pengendara diberikan sanksi tegas.

"Sanksi anak-anak diberikan hukuman pushup dan kendaraan yang memakai knalpot racing diminta untuk mengganti knalpotnya dengan yang asli di Polsek dengan membawa surat-surat kendaraan. Apabila sudah lengkap motor langsung dikembalikan dengan sebuah pernyataan tidak akan mengulangi kembali," tegasnya.

Oscar berharap kerjasama antara masyarakat dengan pihak keamanan dapat terus terjalin demi menjaga hal-hal yang tidak diinginkan demi keselamatan anak-anak muda sebagai penerus masa depan.

Sementara itu, Kepala Desa Manis Mata, H Said Sopiandi memberikan apresiasi dan dukungan atas tindakan yang dilakukan oleh jajaran Polsek Manis Mata dalam penertiban kendaraan yang dinilai melanggar aturan.

"Pada prinsipnya kami mendukung Kapolsek Manis Mata dan jajarannya dalam penertiban lalu lintas," kata Said.

Atas sikap ugal-ugalan anak muda yang menggunakan knalpot racing tersebut, lanjut Said, masyarakat lain terganggu akibat suara yang ditimbulkan sehingga membuat rasa tidak nyaman.

"Bahkan suara tersebut bisa memacu adrenalin pemakai motor yang dapat menarik gas sehingga akan merangsang untuk balapan. Dikhawatirkan akan mencelakai pengguna jalan lainnya apabila mereka tidak bisa mengendalikan," pungkasnya. (*)

Update Informasi seputar Kabupaten Ketapang

  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved