Breaking News:

Pembangunan Duplikasi Jembatan Kapuas I Tahun 2022 Mulai Dibangun

"Artinya sudah ada kepastian duplikasi jembatan itu dibangun dan pembangunan konstruksinya akan dimulai pada tahun 2022 mendatang," jelas Edi, Selasa

TRIBUNPONTIANAK/MUHAMMAD ROKIB
Kondisi lalu lintas kendaraan yang melintasi Jembatan Kapuas I di Jalan Sultan Hamid II, Pontianak Kalimantan Barat. Jembatan ini menghubungkan antara Kecamatan Pontianak Timur dengan Kecamatan Pontianak Selatan. 

TRIBUNPONTIANAK.CO.ID, PONTIANAK - Wali Kota Pontianak Edi Rusdi Kamtono menyampaikan, terkait dengan rencana pembangunan duplikasi Jembatan Kapuas I di Kota Pontianak Kalimantan Barat sudah ada titik terang.

Hal itu ia sampaikan, berdasarkan informasi terbaru yang didapat dari pusat bahwa lelang atau tender proyek pembangunan tersebut akan mulai dilaksanakan pada Desember 2021 mendatang.

"Artinya sudah ada kepastian duplikasi jembatan itu dibangun dan pembangunan konstruksinya akan dimulai pada tahun 2022 mendatang," jelas Edi, Selasa 23 November 2021.

Edi berharap, pembangunan Jembatan kapuas I tersebut berjalan dengan lancar dan segera difungsikan. Pasalnya, rencana pembangunan jembatan duplikasi I tersebut sangat dinantikan oleh masyarakat.

Hal tersebut ia sampaikan, lantaran dengan adanya duplikasi jembatan kapuas I tersebut untuk mengurai kemacetan yang kerap terjadi di sana di kawasan tersebut.

Dalam proses rencana pembangunan duplikasi jembatan kapuas I tersebut, Wako Edi, menerangkan, bahwa dirinya melakukan pengawalan secara khusus terkait dengan proses rencana pembangunan duplikasi Jembatan Kapuas I tersebut yaitu berkoordinasi dengan Ketua dan Wakil Ketua Komisi V DPR RI untuk ikut mendukung pembangunan tersebut.

Atasi Kemacetan di Pontianak, Boyman Harun Dorong Percepatan Pembangunan Duplikasi Kapuas I

"Meskipun belum mendapat gambaran target penyelesaian pembangunan duplikasi jembatan itu, tapi diperkirakan untuk pembangunan konstruksinya akan memakan waktu paling cepat satu tahun dan paling lambat dua tahun, tergantung alokasi anggaran dan tingkat kesulitan yang ada di lapangan," ungkapnya.

Menurut Edi, pembangunan duplikasi jembatan I tersebut tidak terlalu banyak mengalami kesulitan dalam pengerjaannya karena sudah adanya Jembatan Kapuas II yang nantinya kata dia, desain duplikasi jembatan kapuas I tidak akan jauh berbeda dengan jembatan kapuas I yang ada saat ini.

Hanya saja yang menjadi atensi pemerintah kota Pontianak adalah komitmen pemerintah pusat melalui Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) dalam mendukung percepatan pelaksanaan pembangunan duplikasi jembatan kapuas I.

Hal tersebut, lantaran kata Edi, untuk pembebasan lahan sudah selesai dan tidak ada masalah.

"Kalau untuk pembebasan lahan yang menjadi kewajiban Pemerintah Kota Pontianak sudah tidak ada masalah dan tuntas dengan total anggaran Rp43,7 Miliar dari APBD Kota Pontianak," tukasnya. (*)

(Simak berita terbaru dari Pontianak)

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved