Breaking News:

Anggota Polda Kalbar Turut Distribusikan Air Bersih, 11 Bulan Afrika Tengah Tak Turun Hujan

Bripda Muhammad Iqbal Ansyari seorang Polda Kalbar dirinya turut serta terjun langsung membagikan air bersih ke warga Afrika Tengah

Penulis: Hadi Sudirmansyah | Editor: Hamdan Darsani
TRIBUNPONTIANAK/Dok POLDA KALBAR FPU 3 MINUSCA
Bripda M Iqbal anggota Polda Kalbar yang tergabung Satgas FPU 3 MINUSCA saat mendistribusikan air bersih ke masyarakat Afrika Tengah yang saat ini telah 11 Bulan di Landa krisis air bersih. 

TRIBUNPONTIANAK.CO.ID - Disela-sela menjaga perdamaian di tengah perang saudara di Afrika Tengah, Anggota Polda Kalbar yang tergabung sebagai anggota Satuan Tugas (Satgas) Garuda Bhayangkara FPU 3 United Nations Multidimensional Integrated Stabilization Mission in the Central African Republic (MINUSCA), bagikan air bersih ke warga Afrika Tengah.

Seperti di ketahui Formed Police Unit (FPU) adalah satuan tugas kepolisian yang berada di bawah naungan Perserikatan Bangsa-Bangsa ( PBB), Polri turut tergabung dalam FPU memiliki tugas dan wewenang sesuai mandate dari PBB. Antara lain untuk melindungi warga sipil dan menjaga fasilitas PBB.

Kepada Tribun Pontianak, Bripda Muhammad Iqbal Ansyari seorang Polda Kalbar dirinya turut serta terjun langsung membagikan air bersih ke warga Afrika Tengah

Sekda Kota Pontianak Lepas Armada Bantuan Kemanusiaan ACT Kalbar Bantuan Korban Banjir

Bripda M Iqbal dapat dipercaya sebagai Mekanik Water Treatment atau yang biasa dikenal sebagai mekanik air layak pakai ini mengatakan saat ini Afrika Tengah di landa krisis air.

"Bukan hanya di daerah lain, di Bangui ibukota Afrika Tengah pun  sendiri saat ini sedang mengalami krisis air bersih, tak hanya krisis air bersih diwilayah tersebut dalam 11 bulan terakhir tidak ada turun hujan."ujarnya pada Sabtu 20 November 2021

Iqbal mengatakan dirinya merasa senang dapat berkesempatkan menjalankan tugas yang mulia ini, terlebih dirinya mendapatkan amanah sebagai Mekanik Water Treatment atau yang biasa dikenal sebagai mekanik air layak pakai.

Lanjutnya, akibat Afrika Tengah sendiri saat ini sedang mengalami krisis air bersih, lantaran dalam 11 bulan terakhir tidak ada turun hujan, Hal ini lah yang membuat pasukan perdamaian ini melaksanakan tugas mulia untuk mendistribusikan air kepada masyarakat sekitar.

Ia menceritakan dalam pendistribusian ini mulai dari kalangan anak kecil hingga dewasa ikut mengantri menggunakan ember dan jerigen untuk penampungan mereka ketika mobil Tangki air kami datang. 

"Setiap harinya kami selalu mengirim pasokan air bersih sekitar 10.000 Liter dengan menggunakan mobil truck tangki air bersih yang siap digunakan, baik itu untuk diminum atau untuk kebutuhan sehari-hari," kata Polisi muda asal kota Pontianak

Dikatakannya, kita pun merasa senang, kehadiran kita memang di tunggu-tunggu untuk mendistribusikan air bersih,  kan sebagaimana kita tahu sumber air yang sangat jauh, dan iklim yang jarang hujan.

"Hal membuat kami ingin memberikan hal yang lebih kepada antar sesama manusia, dan ketika kami melaksanakan pendistribusian air, mereka sangat menunggu kehadiran kami bahkan sampai berbondong dan rebutan untuk antrian pertama, hal ini lah yang membuat kami penuh rasa syukur ketika tinggal di indonesia yang air nya melimpah bahkan tidak kesusahan seperti ini. " Ujar Bripda Iqbal.

Tak hanya itu, Bripda M Iqbal menceritakan Didalam kesibukan sehari-hari sebagai pasukan perdamaian yang menjaga warga sipil dari ancaman apapun.

"kami anggota Polri yang tergabung sebagai Satgas Garuda Bhayangkara FPU 3 UN MINUSCA ini berkomitmen memberikan pelayanan kepada masyarakat Afrika Tengah tak hanya menjaga keamanan juga memberikan pelayanan kemanusiaan satu diantaranya mendistribusikan air bersih, ini menjadi pengalaman berharga bagi saya." ujarnya.

Seperti di ketahui bulan September 2021, sekitar 140 anggota Polri se Indonesia mendapatkan amanah menjaga perdamaian di Afrika Tengah yang tengah di Landa perang saudara, dari 140 orang anggota Polri ada 6 orang anggota Polda Kalbar. (*)

Update Informasi Seputar Kota Pontianak

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved