Breaking News:

Sutarmidji Minta Daerah Segara Lakukan Pendataan Valid Terhadap Seluruh Korban Banjir

Ia mengharapkan data yang diberikan pun harus valid tidak timpang dan tidak relevan.

Penulis: Ferryanto | Editor: Hamdan Darsani
TRIBUNPONTIANAK/Ferryanto
Gubernur Kalimantan Barat Sutarmidji saat memberikan keterangan terkait banjir di Kalimantan Barat, Rabu 17 November 2021. 

TRIBUNPONTIANAK.CO.ID, PONTIANAK - Gubernur Kalimantan Barat Sutarmidji meminta daerah yang wilayahnya banjir untuk segera melakukan pendataan terhadap warga yang menjadi korban.

Ia mengharapkan data yang diberikan pun harus valid tidak timpang dan tidak relevan.

"Data ini harus sinkron, bila tidak sinkron maka orang akan bertanya ini betul atau tidak sampaikan apa adanya saja. analis datanya harus genah agar masyarakat tidak bertanya - tanya,"ujarnya, Kamis 17 November 2021.

Gubernur Kalbar Minta Daerah Terdampak Banjir Tetapkan Darurat Banjir

Kemudian, Midji berharap pasca bencana nanti tiap daerah memiliki database terkait bencana khususnya banjir.

Database tersebut meliputi ketinggian air sungai saat normal dan dikala ketinggian air meningkat, lokasi pengungsian, apa yang dibutuhkan kedepan bila terjadi bencana banjir.

"Kedepan managementnya harus seperti itu,"jelas Midji.

Diakui Midji saat ini jumlah data korban banjir masih belum terlalu baik disebabkan berbagai faktor, diantaranya jalur transportasi yang putus, banyaknya blank spot, serta sebaran yang luas.

"Luas Kalimantan Barat itu satu sepertiga kali pulau Jawa, dengan kondisi infrastruktur yang kurang memadai, mungkin data kita punya, tetapi siapa yang terdampak belum tentu kita bisa menghitungnya dengan cepat, tetapi minimal hitungan itu harus rasional, kalaupun tidak bisa tepat harus rasional,"jelasnya. (*)

Update Informasi Seputar Kota Pontianak

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved