Breaking News:

Peran Media Mengedukasi Masyarakat Supaya Tidak Terjebak Pinjol Ilegal

“Sangat jauh perbandingan antara legal dan ilegal ini, menunjukkan bahwa industri jasa keuangan terkait dengan fintech ini menggiurkan,” ucapnya.

Penulis: Imam Maksum | Editor: Rivaldi Ade Musliadi
TRIBUNPONTIANAK/IMAM MAKSUM
Kepala OJK Kalimantan Barat, Maulana Yasin saat berdialog bersama awak media, Rabu 17 November 2021. 

TRIBUNPONTIANAK.CO.ID, PONTIANAK - Kepala OJK Kalimantan Barat Maulana Yasin menjelaskan jumlah fintech legal di Indonesia mencapai 104. Dari jumlah tersebut 101 merupakan pinjol yang sudah berizin dan 3 masih terdaftar.

“Sementara pinjol ilegal yang ditutup Satgas Waspada Investasi (SWI) itu cukup banyak. Sampai dengan Oktober 2021 ada sekitar 116 pijol ilegal yang ditutup,” jelasnya kepada wartawan usai Media Gathering , Rabu 17 November 2021.

Sementara, kata Maulana Yasin, dari kurun 2018 hingga sekarang total pinjol ilegal di Indonesia yang diblokir sebanyak 3631.

“Sangat jauh perbandingan antara legal dan ilegal ini, menunjukkan bahwa industri jasa keuangan terkait dengan fintech ini menggiurkan,” ucapnya.

Tetapi, imbuh Maulana Yasin, bagaimana pinjol ini terus berkontribusi terhadap perkembangan ekonomi masyarakat.

OJK Kalbar Lakukan Dialog Interaktif Pemberantasan Pinjol Ilegal

“Kita tetap mendorong pinjol legal agar timbuh secara wajar dan logis, masyarakat sangat membutuhkan itu, sehingga terus berkelanjutan bagi pinjol yang legal,” katanya.

Sementara bagi pinjol yang ilegal tentu pihaknya terus mengedukasi masyarakat agar berhati hati apabila membutuhkan dana, sehingga tidak terjebak pada pinjol yang ilegal.

“Pilihlah pinjol yang legal, jangan kepada yang ilegal karena ilegal bunganya cukup tinggi, penagihan tidak beretika,” katanya.

Jadi secara bersamaan, ujar Maulana Yasin, OJK, SWI dan peran media mengedukasi serta menyampaikan informasi kepada masyarakat untuk tidak melakukan pinjaman pada pinjol ilegal. (*)

(Simak berita terbaru dari Pontianak)

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved