Breaking News:

Berikut Arahan Kapolres Kubu Raya Saat Pergeseran Pasukan Pilkades Serentak Kabupaten Kubu Raya

Siapkan mental dan fisik serta jaga kesehatan, niatkan setiap pelaksanaan tugas sebagai ibadah kepada Tuhan Yang Maha Esa.

Editor: Jamadin
Dok. Polres Kubu Raya
Kapolres Kubu Raya AKBP Jerrold H.Y Kumontoy, S.I.K. saat memberi pengarahan kepada personel, Rabu 17 November 2021 

TRIBUNPONTIANAK.CO.ID, KUBU RAYA - Polres Kubu Raya mengerahkan kurang lebih 300 personelnya guna mengamakan pilkades serentak di sembilan kecamatan se-Kabupaten Kubu Raya hari ini, Rabu 17 November 2021.

Sejak Selasa 16 November 2021 personel Polres Kubu Raya sudah melakukan pergeseran pasukan kemasing-masing wilayak kecamatan guna mengawal kotak suara ke masing-masing TPS  ke sembilan kecamatan se Kabupaten Kubu Raya sekaligus mengamankan tempat/bilik kotak suara.

Kapoles Kubu Raya AKBP Jerrold H.Y Kumontoy, S.I.K. melalui Paursubbag Humas Polres Kubu Raya Aiptu Dodik Yulianto menjelaskan” bahwa sebanyak kurang lebih 300 personel Polres Kubu Raya telah di geser ke TPS di Sembilan kecamatan sedangkan sebanyak 200 personel di Stanbay kan di mapolres dan Sembilan Mapolsek serta satu peleton BKO dari Satbrimob Polda kalbar.

"Ini diperlukan jika terjadi gejolak atau kejadian yang mengancam mengagalkan Pilkades serentak di Kabupaten Kubu Raya,” jelas Dodik.

“Ada sebanyak 401 TPS di 39 Desa se Kabupaten Kubu Raya yang nantinya akan dilakukan pengamanan Pilkades yang mana masing-masing TPS nantinya akan dijaga oleh personel TNI-Polri  dan dibantu Panitian Pemilihan yang ada dimasing-masing TPS, tentunya kita sudah memetakan sebelumnya daerah-daerah yang dianggap rawan dengan kategori 1, 2 dan 3, ini untuk memudahkan dilakukan pemantauan oleh personel dilapangan,” sambungnya.

Dengan dilaksanakan Pilkades serentak ini diharapakan masyarakat di kabupaten Kubu Raya tetap menjaga situasi tetap kondusif percayakan keamanan kepada pihak keamanan TNI-Polri serta tetap mengedepankan Musyawarah dalam setiap permasalahan, dan mohon dukungan kepada pemerintah Daerah dan Para Tokoh masyarakat guna mensukseskan Pilkades di kabupaten Kubu Raya.

Kapolres Kubu Raya AKBP Jerrold H.Y Kumontoy, S.I.K. saat memberi pengarahan kepada personel, Rabu 17 November 2021
Personel Polres Kubu Raya mendengarkan pengarahan Kapolres Kubu Raya AKBP Jerrold H.Y Kumontoy, S.I.K, Rabu 17 November 2021 

Kapoles Kubu Raya AKBP Jerrold H.Y Kumontoy, SIK . dalam amanatnya mengatakan apel kesiapan ini dilaksanakan dikarenakan penyelenggaraan pemilihan kepala desa (pilkades) tahun 2021.

"Saat ini sudah pada tahapan inti yaitu pemungutan suara, tepatnya pada Rabu 17 November 2021. Kesiapsiagaan menjadi kunci utama dalam kesuksesan penyelenggaraan pengamanan,” kata Kapolres

“Indeks kerawanan pilkades tahun 2021 di Kabupaten Kubu Raya meliputi berbagai faktor di ataranya yaitu faktor geografis, yang sebagian wilayah harus dilewati dengan transportasi melalui air atau jalan yang berliku dengan jarak tempuh yang cukup jauh, selanjutnya faktor jaringan kominukasi yang hanya ada di ibukota kecamatan, namun yang utama adalah siap siaga menghadapi segala bentuk potensi kerawanan dan ancaman dalam pelaksanaan pilkades tahun 2021,“ sambungnya.

Mengingat situasi yang terjadi pada saat ini masih dalam periode pandemi corona virus disease 2019 (covid-19) belum berakhir serta cuaca yang tidak kondusi (curah hujan tinggi) dimana ada beberapa daerah terdampak banjir, maka penyelenggaraan pilkades harus sesuai dengan protokol kesehatan covid-19 yang sudah ditentukan sehingga dapat memproteksi petugas dan warga dari ancaman paparan covid-19 dan juga tetap waspada akan kesehatan dimusim penghujan

Halaman
12
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved